BLANTERVIO103

Pemdes Polewali Gelar Musdesus pembahasan BLT - DD TA 2022

Pemdes Polewali Gelar Musdesus pembahasan BLT - DD TA 2022
Senin, 31 Januari 2022

 



Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Pemerintah Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu menggelat Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) dalam rangka pembahasan BLT - Dana Desa tahun anggaran 2022, Senin, 31/01/22. 


Musdesus ini dilakukan terkait dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021 yang menekankan bahwa Bantuan Langsung Tunai Desa (BLT Desa) dianggarkan sebesar paling sedikit minimal 40 perseb dari pagu dana desa yang diterima setiap desanya pada tahun 2022. 


Juga diterbitkannya peraturan Kementerian keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) nomor 190 tahun 2021 terkait kriteria calon penerima dan besaran alokasi bantuan langsung tunai dana desa yang wajib dianggarkan oleh Pemerintah Desa setiap bulannya. 


Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Bambalamotu, Rahmadi Usman, S.Pd, M.Pd, Dalam kesempatan ini menjelaskan kriteria calon penerima BLT Dana Desa berdasarkan Permenkeu antara lain, Keluarga miskin atau tidak mampu yang berdomisili di Desa bersangkutan dan diprioritaskan untuk keluarga miskin yang termasuk dalam kategori kemiskinan ekstrim, Kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis, Keluarga miskin yang terdampak pandemi covid-19 dan belum menerima bantuan, Serta rumah tangga yang anggota keluarganya banyak yang lanjut usia. 


"Secara umum ini kriteria yang penerima BLT tahun ini. Namun, Desa juga bisa menambahkan kriteria berdasarkan kondisi sosial masayarakat Desanya," terang Rahmadi. 


Sekdes Polewali, Muh Rifal, S.Agr, mengatakan, Kegiatan hari untuk memutuskan sejumlah kriteria kemiskinan yang akan menjadi tolak ukur tim validasi data yang dibentuk Desa. 


"Ada 7 orang tim pendata dibentuk hari ini yang tugasnya menvalidasi data warga miskin yang di masukkan para kepala dusun," ungkapnya. 


"Kita ingin Desa Polewali memiliki data real warga yang kurang mampu yang layak untuk di bantu. Dari hasil validasi data yang dilakukan tim itu akan dimusyawarakan lagi untuk penetapan penerima bantuan," Imbuhnya. 


Di hadiri Ketua BPD Agusriadi Natsir, Babinsa Sertu TNI Lukman, PLD Sulfianto dan Suwarno, Para Kadus dan BPD. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409