BLANTERVIO103

Kunjungi Desa Betao Riase, Ketua Umum ISA Sidrap Puji Potensi Desa

Kunjungi Desa Betao Riase, Ketua Umum ISA Sidrap Puji Potensi Desa
Jumat, 11 Februari 2022


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Ketua umum Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Asal Sidenreng Rappang (PP ISA SIDRAP), Ir.H. Mahmud Lakaiya, MM, MT,  Jumat sore 11/2-2022, lakukan kunjungan ke desa Betao Riase Kecamatan Pituriawa, Sidrap.

Mahmud Lakaiya, yang di dampingi Sekretaris jenderal PP ISA Sidrap, Muh. Rais, Spd, MT sengaja datang ke Betaoriase untuk silaturrahmi dengan Suardi Laupe, Spd, MSi Kapala Desa Betaoriase, yang dikenal mantan Ketua Umum Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Sidenreng Rappang ( IPMI SIDRAP ), yang saat itu Muh. Rais sebagai Sekretaris umum.

"Kita silaturrahmi dengan mantan aktivis IPMI Sidrap dan ISA Sidrap guna saling menyemangati," ujar Malaka, singkatan nama Mahmud Lakaiya.

Sambil menikmati Tuak dari Air aren yang merupakan bahan baku pembuatan Gula merah areng dan Gula semut, Malaka, memuji potensi desa Betaoriase yang kaya dengan berbagai jenis tanaman buah seperti; Durian, Langsat, Rambutan, Jeruk Nipis, Cengkeh, Lada dan lainnya.

Kata Malaka, potensi tersebut tinggal perlu di kembangkan menjadi potensi andalan dengan mengedukasi masyarakat tentang bercocok tanam yang lebih baik agar bernilai ekonomi tinggi misalnya, cara pewilayahan komoditas dan petik olah jual.

Malaka mencontohkan, pohon Aren yang banyak tumbuh liar di hutan dan bantaran sungai desa Betaoriase hingga perbatasan Kabupaten Enrekang, sejatinya saat ini dibudidaya dengan baik mulai dari pembibitan hingga pengelolaan hasil. 

Gula aren ataupun Gula semut sudah jadi komoditas ekspor terutama ke negara Timur tengah, bahkan untuk pasaran dalam negeri saja, Gula semut telah banyak diminati kaum milenial penikmat kopi, sudah banyak cafe dan warkop secara khusus menyiapkan gula semut yang bahan bakunya dari air aren yang dikenal kaya dengan zat besi dan beraroma khas cita rasa tinggi. 

"Jadi sudah perlu masyarakat di edukasi untuk budidaya areng  bukan lagi tanaman liar yang diseduh airnya," ujar Malaka.

Sementara itu Suardi laupe, memaparkan potensi desa yang dipimpinnya. Selain kaya dengan berbagai jenis buah juga ada beberapa spot wisata yang perlu perhatian untuk dikembangkan seperti Sungai yang deras dan jernih airnya, perbukitan, hutan lindung yang kesemuanya menjadi potensi desa betaoriase menjadi desa agrowisata.

Di akui Suardi yang juga mantan Ketua Pemuda Bulan Bintang Sulsel ini, desa yang dipimpinnya masih terbilang desa tertinggal. Tertinggal dalam Sumber Daya Manusia (SDM) juga terbatas dalam fasilitas sarana dan prasarana serta infrastruktur jalan 

Namun Suardi memuji semangat kebersamaan dan prilaku gotong royong warganya. "semangat membangun desa itu tengah bergelora di Betaoriase, masyarakat setiap pekan bergotong royong kerja bakti secara suka rela, " ujar Suardi sembari berharap ribuan tanaman durian bantuan bibit dari wakil ketua DPRD Sulsel, Syahruddin Alrif dapat tumbuh subur hingga lima tahun kedepan Betaoriase jadi penyuplai durian terbesar Sidrap.

Kepada Ketua Umum PP ISA Sidrap, Suardi berharap agar memberi bantuan pelatihan Life skill, home Industri atau pelatihan keterampilan lainnya kepada warganya terutama kaum perempuan, ujar Suardi sembari mengemas gula areng buat oleh-oleh sebagai tanda terima kasih kepada Kerabatnya yang sengaja datang meski dipelosok terpencil.

(ris/wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409