BLANTERVIO103

Strategi Unik Sektor Jasa di Era Pandemi Covid - 19 di Yogjakarta

Strategi Unik Sektor Jasa di Era Pandemi Covid - 19 di Yogjakarta
Selasa, 29 Maret 2022


Yogyakarta.Lenteramerahnews.co.id.

Akibat merebaknya Covid-19 di Indonesia, banyak pengusaha skala kecil maupun besar yang terdampak. 


Pada kota-kota besar salah satunya seperti di Yogyakarta paling sering melakukan lockdown dan penerapan kebijakan Covid-19 dengan ketat. 


Beberapa hari yang lalu, Kami telah mewawancarai seorang kepala mekanik bengkel mobil Grand Racing Yogyakarta, salah satu bengkel mobil terbaik di Yogyakarta dan sudah cukup lama berdiri. Bengkel yang beralamat di jalan Laksda Adisucipto No 18 Yogyakarta ini memiliki 48 karyawan dan memiliki 25 stall yang membuat pelanggan tidak perlu untuk mengantri. 


Kepala mekanik bernama Pak Bowo yang sudah cukup lama bekerja di Grand Racing. Pada bagian karyawan sendiri, di bagi menjadi beberapa divisi yang tujuannya untuk mempermudah pekerjaan dan pengawasan. Tentunya ini juga mempengaruhi tingkat ketelitian dari pekerjaan jasa tersebut. 

“Salah satu inovasi strategi kami pada saat ini, yaitu memintai setiap pelanggan atau customer kritik dan saran yang membangun sebagai bahan evaluasi kedepannya," Ungkap Bowo kepada penulis. Sabtu, 19/03/22. 


Bowo mengaku bahwa strategi pemasaran yang diterapkan juga sederhana sama seperti pada umumnya yaitu bisa melalui pelanggan itu sendiri dengan cara menciptakan nilai lebih terhadap pelanggan serta melalui pelayanan yang bagus dan memuaskan. 


Dengan cara itu akan menciptakan kesan dan citra yang baik sehingga pelanggan akan menyalurkan informasi dan merekomendasikan kepada keluarga, saudara, teman maupun rekan kerjanya. 


Bowo juga mengatakan, Untuk menarik pelanggan maka Grand Racing memberikan pelayanan yang lebih yang kemungkinan tidak dimiliki oleh bengkel - bengkel mobil lainnya di Yogyakarta. 


Kesimpulannya, usaha apapun dan dalam kondisi apapun seorang pengusaha harus dapat menciptakan inovasi strategi untuk terus bertahan dan bangkit dari situasi yang tidak terduga. 


Penulis : 

Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta : Nurul Myristica Indraswari, S.M.B., M.Sc. 

Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansisiwa Yogyakrta, semester 6, prodi  manajemen :

You is Nur Wahyudi (2019008373), F Veri Anggara (2019008397), Lena Ayu Hefiani (2019008366).

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409