BLANTERVIO103

Yuk Intip, Kunci Kesuksesan UMKM Pande Besi Dalam Pandemi Covid 19

Yuk Intip, Kunci Kesuksesan UMKM Pande Besi Dalam Pandemi Covid 19
Senin, 18 April 2022

 


Pandemi Covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Memaksa semua orang untuk membatasi kegiatan dan dianjurkan untuk tetap dirumah. Oleh karena itu, segala aktivitas menjadi kurang maksimal, terutama kegiatan sehari-hari. Ini juga berdampak pada Usaha Menengah, Kecil dan Mikro atau biasa disebut UMKM dinilai sangat terdampak oleh pandemi Covid-19 hingga mengancam kelangsungan bisnisnya. 

Meskipun covid-19 sangat berdampak pada seluruh lapisan masyarakat di Indonesia, tetapi UMKM perlu diselamatkan karena dinilai sangat penting bagi perekonomian masyarakat maupun perekonomian Indonesia. Hal tersebut dikarenakan sektor UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dengan kontribusi mencapai 57,24 persen dari total Produl Domestik Bruto (PDB) Indonesia. 

Salah satu dampaknya, UMKM mengalami penurunan pendapatan dan omset. Kendala keuangan itu berimbas terhadap para karyawan/pekerja, karena penurunan kegiatan operasional kerap berakhir dengan pengurangan jumlah karyawan atau pegawai.

Adanya pandemi covid-19 di akhir tahun 2019 menjadi masalah dunia internasional termasuk di Indonesia. Pandemi covid-19 memberikan implikasi ekonomi, sosial, dan  politik hampir di seluruh Negara. Dampak ekonomi akibat pandemi ini juga dirasakan sektor UMKM yang ada di kabupaten OKU Selatan. Namun tidak semua mengalami hambatan dan justru mengalami kerugian. Kami mendapati sebuah UMKM yang justru bertahan dan tetap eksis dalam menghadapi virus corona (Covid-19) yang tak kunjung selesai.

Pada hari minggu 02 Maret 2022, saya melakukan observasi ke tempat produksi UMKM Pande besi untuk menggali informasi mengenai apa saja trik jitu yang mereka lakukan sehingga usaha yang dilakukan sejak puluhan tahun lalu tetap eksis dan justru mengalami peningkatan.

Pertama saya mewawancarai salah satu pegawai di tempat produksi secara langsung. “Mohon maaf kak sebelumnya saya mengganggu, saya ingin bertanya mengenai bagaimana kondisi tempat anda bekerja sekarang ini setelah kita ketahui bersama bahwa pada akhir 2019 lalu, kita semua terdampak pandemi Covid-19?. Ujar saya (Gesang Sutopo). Beliaupun menjawab: Ya kalau dibilang aman-aman aja juga ngga mas, mungkin ya diawal pandemi saja kegiatan produksi agak dikurangi. Tetapi ya sekarang ini sudah normal kembali mas seperti sebelum ada pandemi dan juga justru malah mengalami peningkatan” ujar kak Aan (02 Maret 2022).

Selanjutnya saya bertanya pada pemilik usaha ini.

“Maaf pak saya ingin bertanya sedikit tentang usaha anda, kira-kira apa rahasia dan kunci kesuksesan yang anda terapkan sehingga bisa berhasil seperti sekarang ini? Ujar saya kepada bapak Rodi. Lalu beliaupun menjawab “Sebenarnya ya jalankan bisnisnya sesuai kondisi yang ada saja mas, seperti memahami minat pasar dan terus berinovasi di usaha yang dijalankan. Misalnya mulai berjualan  lewat E-commerce dan sebagainya,” terangnya.

Pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia hingga saat ini memang sangat berdampak pada UMKM. Namun ada beberapa UMKM yang justru bisa menangani hal ini dengan sangat baik. Seperti usaha ini, pemilik tahu betul bagaimana memahami cara mengembangkan suatu bisnis. Mulai dari memahami kondisi pasar dan juga berinovasi melakukan penjualan secara online. Di Indonesia sendiri sudah banyak pebisnis yang sukses memasarkan produknya secara online. Di samping itu pemasaran  secara online juga  menghemat biaya operasional bisnis. Terlebih banyak E-commerce di Indonesia yang memfasilitasi hasil produk UMKM. 

Penulis: GESANG SUTOPO/IGNATIUS SONI KURNIAWAN

Pekerjaan: Mahasiswa

Universitas Sarjana wiyata Tamansiswa

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409