BLANTERVIO103

Genjot Peningkatan PAD, Bapenda Pasangkayu Adakan Sosialisasi Pajak Daerah

Genjot Peningkatan PAD, Bapenda Pasangkayu Adakan Sosialisasi Pajak Daerah
Kamis, 19 Mei 2022

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id

Untuk memaksimalkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sektor pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Pasangkayu, Sulbar adakan Sosialisasi penyuluhan dan penyebarluasan kebijakan pajak daerah dalam mengoptimalkan pendapatan asli daerah melalui pajak sarang walet di Hotel trisakti, 19 - 20 Mei 2022. 


Kegiatan ini sekaligus sosialisasikan Peraturan Daerah Kabupaten Pasangkayu Nomor 3 Tahun 2013 tentang pajak sarang burung walet. 


Dihadiri Sekkab Dr Firman, Kepala Bapenda Arhamuddin, SE. M.AP, Polres Pasangkayu, Kajari, Para Camat dan Kepala Desa dan Lurah serta para pengusaha walet se-kabupaten Pasangkayu. 


Ketua Panitia Hasrida Suaib, SE, melaporkan bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengajak dan memberikan pemahaman para pengusaha walet untuk betapa pentingnya membayar pajak untuk membangun daerah serta mampu meningkatkan ketaatan dan kepatuhan para pengusaha bayar pajak tepat waktu demi kemajuan daerah. 

Sekertaris Daerah, Dr Firman yang buka kegiatan ini mengatakan,  Dalam konteks membangun daerah ada 3 komponen yang tidak dapat dipisahkan antara satu yang lain yakni, Pemerintah, Swasta (Coorporation) , dan Masyarakat (civil sociality). ketiganya harus saling gotong - royong dalam membangun suatu daerah. 


Sambung Firman, Sampai saat ini hanya 7 persen kontribusi pendapatan daerah, itu artinya selama ini Kabupaten Pasangkayu bergantung ke pusat. makanya kemampuan daerah untuk membangun melalui PAD itu sangat kecil ditambah lagi dalam 2 tahun terakhir ini APBD Kabupaten Pasangkayu mengalami penurunan. Tidak ada jalan lain kemampuan pendapatan daerah harus ditingkatkan melalui sektor pendapatan daerah atau restribusi daerah. 


"Inilah kondisi keuangan daerah kita. kalau tidak dinaikkan pendapatan asli daerah, Maka pembangunan kita akan stagnan," Ungkap Firman. 


"Kita berharap para pengusaha kita memberikan kontribusi besar bagi pembangunan daerah. karena pembangunan suatu daerah itu 70 persen konstribusi swasta," Harap Firman. 


Dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Bapenda, Kejari dan Polres, Sat Pol - PP. (Ags)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409