BLANTERVIO103

Di Pasangkayu, Pj Gubernur Sulbar Bersama Para Bupati Gelar 'Higt Level Meeting" TPID

 Di Pasangkayu, Pj Gubernur Sulbar Bersama Para Bupati Gelar 'Higt Level Meeting" TPID
Jumat, 03 Maret 2023

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Pejabat Gubernur Sulawesi Barat, Dr Akmal Malik, M.Si, gelar 'Higt Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi dan Kabupaten se-Sulawesi Barat di ruang Pola Kantor Bupati Pasangkayu. Jumat, 03/03/23. 


Kegiatan yang bertemakan 'Sinergi dan inovasi untuk stabilitas harga dan ketahanan pangan' untuk menekan inflasi daerah di Sulawesi Barat. 


Turut hadir  Sekprov Sulbar Dr Muhammad Idris, Bupati se-Sulawesi Barat, Perwakilan BI Sulawesi Barat, Para Asisten dan Staf Ahli Setda Provinsi Sulbar, Biro Ekbang Setda Sulbar, Sejumlah OPD Sulbar, BPS Pasangkayu, Para OPD Pemkab Pasangkayu. 


Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik menyoroti inflasi yang disebabkan oleh ikan cakalang serta masih tingginya angka stunting. 


"Penyumbang inflasi terbesar di wilayah kita ikan cakalang, ini yang harus di intervensi oleh kita semua. stunting kita nomor dua terbesar, penyebabnya pola makan dan asuh anak kita yang kurang tepat. pemberian gizi juga kepada anak sangat kurang. Kita berharap daerah rutin pantau harga bahan pokok di pasar.  Bapak Presiden berulang kali tekankan bahwa Kabupaten harus mampu menekan inflasi di wilayah masing-masing," Tutur Akmal Malik. 


Penyebab inflasi menurut Akmal Malik salah satunya adalah Pemerintah tidak melakukan intervensi, pendataan dan pemetaan secara tepat terhadap produksi-produksi, Sehingga datanya tidak pernah akurat. 


"Saya minta kabupaten memetakan. olehnya itu, Pemda harus rajin intervensi produksi-produksi demi nilai tambah didaerah kita," Katanya. 


PJ Gubernur Sulbar ini juga sesalkan potensi kekayaan SDA yang cukup besar Sulawesi Barat yang tidak di manfaatkan secara optimal. 


"Setiap daerah harus punya produksi unggulan sesuai potensi SDAnya. ketika tidak memiliki SDM yang cukup, maka kita harus memilih salah satu program skala prioritas," Harapnya. 


DiakhirMari sambutannya, Akmal Malik mengajak TPID jaga inflasi secara bersama-sama. kita berharap TPID ini bisa bekerja sama dengan baik dalam upaya mencegah inflasi. enam daerah di Sulawesi Barat yang terendah inflasinya Kabupaten Mamuju dan tertinggi Pasangkayu dan Mamasa. 


Kegiatan dilanjutkan penandatanganan komitmen bersama penurunan inflasi di Provinsi Sulawesi Barat dan pemaparan materi oleh beberapa nasa sumber yang dipandu ketua TPID Sulawesi Barat yang juga Sekprov Sulawesi Barat. (Adv/LM)





Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409