BLANTERVIO103

Dinkes Sulbar Adakan Orientasi Kelas Ibu Hamil Bagi Kader di Desa Kalukunangka

Dinkes Sulbar Adakan Orientasi Kelas Ibu Hamil Bagi Kader di Desa Kalukunangka
Rabu, 08 Maret 2023

  


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Dalam rangka penurunan angka kematian ibu dan anak dan penurunan stunting, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat melalui Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) lakukan orientasi kelas ibu hamil bagi kader di Desa Kalukunangka, Kecamatan Bambaira, Kabupaten Pasangkayu. Rabu sore, 08/03/23. 


Kegiatan ini di hadiri Camat Bambaira, Mahmud, SP.,M.Si, Kepala PKM Bambaira Anita, S.Kep.Ners, Kabid Kesmas Dinkes Pasangkayu Hj Jumarni, SKM, dr Indah Kabid Kesmas Dinkes Sulbar, Kades Kalukunangka Nurdin M, Ketua BPD, serta puluhan kader kesehatan. 

Kabid kesmas Hj Jumarni dalam sambutannya mengatakan, Dari beberapa lokus,  yang ditunjuk oleh dinkes provinsi adalah Desa Kalukunangka. tujuan kegiatan ini ialah untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak sekaligus menurunkan angka stunting minimal kita bisa turunkan 5 persen tahun ini. 


Sambungnya, Diharapkan juga kegiatan posyandu ditingkatkan sehingga dapat mencapai sasaran 100 persen, Sebab dari 224 posyandu yang ada hanya sekitar seratusan yang aktif melakukan penimbangan. 


Sementara melalui sambutannya, Kades Kalukunangka Nurdin M meminta laporan setiap posyandu presentase kehadiran ibu hamil dan balita. menurutnya, peningkatan angka stunting bukan hanya kurangnya pemerikasan di posyandu, Namun kurangnya diri kita terhadap asupan gizi ke diri kita, penyebanya bukan soal kemiskinannya melainkan kurangnya perhatian untuk diri kita sendiri. 


Kegiatan diakhiri dengan pemaparan materi yang di bawakan oleh dr Indah Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409