BLANTERVIO103

Harga Bahan Pokok di Sigi Alami Kenaikan Signifikan

Harga Bahan Pokok di Sigi Alami Kenaikan Signifikan
Kamis, 09 Maret 2023

 


SIGI, - Berdasarkan hasil survei dan pantauan Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi di beberapa pasar, harga sejumlah komoditas bahan pokok mengalami kenaikan cukup signifikan. 


Bahan pokok yang mengalami kenaikan cukup tajam seperti harga bawang merah dan bawang putih senilai Rp34.000 sampai Rp36.000/kilo gram. 


Begitu juga dengan cabai rawit merah melonjak tinggi senilai Rp38.000 sampai Rp60.000 per kilo gramnya. 


Kenaikan harga beberapa bahan pokok tersebut dikarenakan berkurangnya stok pada sektor hulu. Sehingga, dalam beberapa waktu ke depan harga bahan pokok tersebut akan kembali stabil karena pemerintah akan mengintervensi, serta petani akan melakukan panen di waktu dekat.

Sementara untuk harga bahan poko seperti beras premium senilai Rp11.000 sampai Rp13.000 per kilo gram, sedangkan beras kualitas medium senilai Rp10.000 sampai Rp12.000 per kilo gram.


Cabai keriting harga tertinggi Rp35.000 dan terendah Rp26.000. Daging sapi harga tertinggi Rp120 ribu per kilo gram. Daging ayam Rp55.000 sampai Rp65.000 per kilo gram.

 

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Rahmad Iqbal Nurkhalis, mengatakan, secara umum, kondisi harga pangan strategis di wilayah Kabupaten Sigi cukup terkendali dan terjaga. 


"Ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan cukup signifikan, tetap ada beberapa komoditas lain juga yang pada prinsipnya kondisinya stabil," kata Kadis Rahmad Ikbal.


Untuk kondisi ketersediaan pangan beras di Kabupaten Sigi, kata Kadis, akan mengalami panen yang cukup besar. Dimana di beberapa wilayah seperti di Kecamatan Palolo sekira 500 hektar akan melakukan panen. 


"Begitu juga di Kecamatan Kulawi Selatan, sebagian di Kecamatan Gumbasa dan Dolo juga masih akam panen," tambah Kadis.


Sementara untuk Cabai, Kadis katakan, tahun kemarin Sigi mendapat alokasi kegiatan dari Menteri Pertanian RI untuk  pengembangan kultura cabai, khususnya untuk wilayah Sigi Biromaru, Dolo, Marawola dan dalam beberapa minggu kedepan akan panen. 


"Kita berharap dengan panen ini bisa melakukan penetrasi terhadap kenaikan harga-harha holtikultura, terutama cabe, bawang dan tomat," harap Kadis Rahmad Ikbal, di sela-sela meninjau ketersediaan pangan dan harga bahan pokok di Pasar Ranggulalo Desa Mpanau, Kecamatan Sigi Biromaru, Kamis (9/3/2023).  (Ardi)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409