BLANTERVIO103

Buka Sosialiasi ST2023, Bupati Pasangkayu: Sensus Pertanian Amanah Besar Negara

Buka Sosialiasi ST2023, Bupati Pasangkayu: Sensus Pertanian Amanah Besar Negara
Rabu, 07 Juni 2023

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa membuka acara sosialisasi sensus pertanian 2023 (ST2023) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pasangkayu yang diadakan di ruang Pola Kantor Bupati Pasangkayu. Rabu, 07/06/23. 


Sensus petanian tahun 2023 dengan tema 'Mencatat pertanian indonesia untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani'. 


Kadis Kominfopers Pasangkayu, Dr H Badaruddin, S.Pd.M.Si, Anggota DPRD Syarifuddin A Baso, Kepala BPS Pasangkayu, Chitra Dewi Said, S.ST, Asisten II Imran Makmur, S.Pi, M.Si, Kadis Pertanian, Nurdin, S.Pt.M.Si, 


Dalam sambutannya, Kepala BPS Pasangkayu, Chitra Dewi Said, S.ST, mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang dapat memberikan kontribusi pada perekonomian nasional. fenomena masih terbukanya penyerapan tenaga kerja di sektor pertanian, tingginya devisa dengan berbagai hasil agribisnis pertanian dan terbukti sektor pertanian yang bisa bertahan dan menumbuhkan perekenonomian dalam masa pendemo covid-19. 

Sensus pertanian yang dilaksanakan pada tahun 2023 ini merupakan sensus pertanian yang ketujuh, Sensus pertanian yang pertama dilaksanakan pada tahun 1963. 


Hasil dari sensus pertanian 2023 dapat digunakan untuk peningkatan kebijakan strategis pembangunan pertanian nasional. 


Sambungnya, Kesuksesan kegiatan ini dapat tercapai dengan kerjasama yang terjalin antara BPS dengan OPD yang terkait, mengingat dalam hal pendataan ini bukan hanya masyatakat yang di data, namun perusahaan-perusahaan di bidang pertanian pun ikut di cacah juga. sehingga dukungan yang optimal dari pemda Pasangkayu mampu meningkatkan capaian pendataan yang maksimal, sehingga semua wilayah pertanian Pasangkayu dapat tercatat secara keseluruhan. 


Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa yang membuka acara ini mengatakan, Melalui sosialisasi ini kita bisa kolaborasi antara Pemerintah dan masyarakat demi majunya pertanian dimasa yang akan datang. mari ikuti sensus pertanian ini dengan sebaik-baiknya, mengingat program sensus pertanian ini merupakan amanah besar negara yang harus dilaksanakan dengan baik. 


Lanjut Yaumil ADJ, Sensus pertanian mencatat pertanian Indonesia berperan penting dalam menyediakan pangan bagi masyarakat dalam beberapa tahun terakhir ini, kita telah menyaksikan perubahan signifikan di sektor pertanian mulai dari metode penggunaan teknologi hingga pemamfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa kerjasama dan komitmen dari para petani dari pemerintah dan pihak-pihak terkait lainnya. 


"Badan Pusat Statistik Bagaimana sebagai lembaga dengan visi penyedia data statistik berkualitas untuk Indonesia maju besar untuk melaksanakan sensus pertanian," Ucapnya. 


Lanjutnya, Pelaksanaan sensus pertanian menjadi langka strategis yang tepat dalam pembangunan pertanian Indonesia, oleh karena itu saya mengajak kepada kita semua mohon perhatiannya mengikuti sosialisasi sensus pertanian 2023. 


"Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan kemampuan bagi kita semua demi mewujudkan pasangkayu yang sejahterah, mandiri dan martabat.

sensus pertanian, mencatat pertanian indonesia," Ucap Bupati Yaumil menutup sambutannya. 


Dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi ST2023 yang dibawakan oleh Kadis Kominfopers Pasangkayu, Dr Badaruddin, S.Pd, M.Si, Kepala BPS Pasangkayu, Chitra Dewi Said, S.ST,  moderator Kadis Pertanian, Nurdin, S.Pt. 


Dihadiri Anggota DPRD Syarifuddin A Baso, Asisten II Imran Makmur, S.Pi, M.Si, Sejumlah OPD terkait dan perwakilan KTNA Pasangkayu. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409