BLANTERVIO103

Pemdes Poi Olah Limbah Sabut Kelapa Jadi Pupuk Organik

Pemdes Poi Olah Limbah Sabut Kelapa Jadi Pupuk Organik
Jumat, 27 Oktober 2023


SIGI, - Pemerintah Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi membuat terobosan baru untuk meningkatkan pendapat asli desa (PAD) dengan memanfaatkan limbah sabut kelapa jadi pupuk organik yang ramah lingkungan.


Kepala desa Poi, Amir, yang ditemui media ini mengatakan, pengolahan limbah kelapa jadi pupuk ini  baru masuk pada tahap awal sehingga prodaknya masih terbatas. Namun kata dia, ke depan akan lebih dikembangkan lagi.


"Baru ada beberapa kilo pupuk dari limbah sabut kelapa kami buat sebagai sampel, dan kami masih dalam tahap pengembangan, baik bahannya maupun kemana akan dipasarkan nantinya. Jika ini berhasil, maka bisa menjadi sumber PAD serta bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kami," ujar Kades Amir.


Selain pupuk kata Amir, limbah sabut kelapa ini juga diolah menjadi Cocofiber dan Cocobristie, dimana kata dia bisa digunakan untuk produksi jok mobil, keset dan sebagai media tanam.


"Hasil kerajinan ini akan kami pasarkan dan produksi besar besaran setelah pangsa pasarnya jelas. Ini kami optimis karena bahannya seperti sabut kelapa di desa kami itu mudah di dapatkan, apa lagi rata-rata di desa Poi petani kelapa dalam," terang Amir. (Ardi)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409