BLANTERVIO103

Bawaslu Pasangkayu Apel Siaga, Harlywood: Pengawas Harus Tahu Cara Mengawasi

Bawaslu Pasangkayu Apel Siaga, Harlywood: Pengawas Harus Tahu Cara Mengawasi
Minggu, 19 November 2023

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Bawaslu Kabupaten Pasangkayu, Sulbar gelar apel siaga kesiapan jajaran pengawas pemilu dalam pengawasan dan penindakan pelanggaran tahapan kampanye pemilu tahun 2024. 


Apel siaga ini di laksanakan di lapangan mereka, Kelurahan Pasangkayu. Minggu, 19/11/23. mendasari surat Bawaslu RI nomor 804/PP.00.00/K1/11/2023 instruksi pelaksanaan apel siaga guna memastikan jajaran pengawas pemilu dalam pengawasan dan penindakan pelanggaran tahapan kampanye pemilu tahun 2024. 


Dalam kesempatan ini, Pembina upacara yang juga Ketua Bawaslu Pasangkayu, Harlywood Suli Junior  sematkaan aribut secara simbolis atribut kepada perwakilan Panwascam dan PKD. 


Harlywood Suli Junior dalam sambutannya mengajak jajaran pengawas menciptakan pengawasan pemilu yang humanis, jangan sampai pengawas pemilu ditakuti sama orang. 


Harly menjelaskan arti humanis yang harus di ketahui oleh para pengawas yaitu Hirarki, Umum, Mentalitas, Amanah, Netral, dan Sinergitas. 


Lebih jauh, Harly meminta kepada jajaran Bawaslu untuk tidak mudah terpengaruh, baik pengaruh halus maupun pengaruh besar. Kata dia, Pengawas Harus mampu menjaga netralitas dan mampu bekerjasama semua pihak yang ada diwilayah masing-masing dalam melakukan upaya pengawasan. 


"Kita harus Tematik, telinga dan mata tidak keliru, cermat dalam melaksanakan tugas," Kata Harly. 


Harly menegaskan bahwa Kegiatan ini untuk memastikan seluruh jajaran pengawas siap melaksanakan tugas pengawasan dan penindakan, termasuk kesiapan SDM dan fisik sehingga mampu menghadapi situasi dilapangan. 


"Teman-teman harus paham apa yang diawasi dan paham cara mengawasi, jangan sampai dianggap mengganggu pelaksana kampanye. jadi jangan melakukan pelanggaran. kita harus lebih mengedepankan pencegahan. Saya tekankan jangan ada pengawas yang menjadi tim terselubung calon tertentu. 

selain mengawasi pada masa kampanye oleh peserta pemilu, kita juga pantau kegiatan masyarakat yang bersifat kampanye," Jelas Harly. 


Dalam sambutannya juga, Harly sampaikan bahwa kehadiran pengawas di kegiatan kampanye bukan untuk mencari kesalahan, Kehadiran pengawas untuk memastikan tidak ada pelanggaran tahapan kampanye. 


"Kita kedepankan pencegahan, karena penindakan itu bagi kita adalah jalan terakhir. kita berharap pemilu di kabupaten Pasangkayu ini tidak ada pelanggaran. kita ingin pelaksanaan pemilu di Pasangkayu penuh kegembiraan. Kepada semua pihak saya sampaikan semua jajaran pengawas pemilu dilengkapi ID card dan surat tugas di lapangan," Tuturnya. 


Untuk suksesnya pemilu tahun 2024, Harly meminta kerjasama seluruh stakeholder, semua pihak dan elemen masyatakat demi tercapainya pemilu yang berkualitas. 


Dihadiri Asiten I bidang pemerintahan Pemkab Pasangkayu, Kesbangpol,  Semua badan Adhok Bawaslu se-Kabupaten Pasangkayu, Forkopimda, lembaga vertikal, Ketua Hipari (Himpunan Penyuluh Agama Indonesia), Pengawas Desa dan Kecamatan, perwakilan parpol serta perwakilan ormas. 


Kegiatan dilanjutkan pemberian arahan oleh Bawaslu Kabupaten kepasa jajaran Panwascam dan PKD di tribun lapangan merdeka Pasangkayu. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409