BLANTERVIO103

Pemkab Pasangkayu Luncurkan Program Vovasanggayu Wanuaku Guna Melindungi Pesisir Laut

Pemkab Pasangkayu Luncurkan Program Vovasanggayu Wanuaku Guna Melindungi Pesisir Laut
Senin, 29 Januari 2024

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasangkayu, Sulbar melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Lounching program Vovasanggayu Wanuaku yakni sistem perlindungan wilayah pesisir laut terintegrasi. 


Program tersebut bertujuan menangani abrasi serta menjaga kelestarian lingkungan dan ekosistem laut. 


Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, didampingi Kadis Perikanan dan Kelautan, Kartini, luncurkan program Vovasanggayu Wanuaku di Desa Sarasa, Kecamatan Dapurang, Senin, 29/01/24. 


Turut hadir Kepala Kepala Bappeda, Danramil 1427-03/Baras, Kapolsek Sarudu, para pimpinan perusahaan, Camat, Kepala Desa dan Warga setempat. 


Dalam sambutannya, Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, sampaikan terima kasih kepada perusahaan yang telah berkontribusi mensukseskan program tersebut melalui dana Corporate Sosial Responsibility (CSR). 


Yaumil berharap kedepan pihak swasta bersama Pemkab Pasangkayu terus bersinergi dalam menangani abrasi dan perlindungan wilayah pesisir. 


"Kita berharap, penanaman mangrove yang dipadukan dengan program Vovasanggayu Wanuaku yakni pembangunan kubus beton, dapat lebih maksimal menahan abrasi serta memberikan perlindungan terhadap ekosistem laut," Ujarnya. 


Sementara Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pasangkayu, Kartini, menuturkan, sepanjang pantai di kabupaten Pasangkayu mengalami abrasi cukup tinggi yakni 75 persen. 


Namun, lanjut Kartini, penanaman mangrove yang dilakukan belum cukup untuk menahan abrasi. Olehnya itu, pihaknya memadukan dengan program pembangunan kubus beton. 


"Pendanaan pembangunan kubus beton ini dibantu oleh perusahaan melalui CSR dan APBD untuk operasional," Terangnya. 


Ia juga ucapkan terima kasih kepada perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Pasangkayu karena telah berkontribusi mensukseskan program yang diinisiasi oleh DKP Pasangkayu. 


"Kita berharap melalui kerjasama dalam program ini, pantai di kabupaten Pasangkayu tidak lagi mengalami abrasi," pungkasnya. 


Pada kegiatan tersebut, Bupati Pasangkayu juga memberikan penghargaan kepada sejumlah perusahaan yang telah berkontribusi pada program Vovasanggayu Wanuaku.(*)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409