BLANTERVIO103

Sidrap Luncurkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP)

Sidrap Luncurkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP)
Sabtu, 22 Juni 2024

 


Sidrap, Lenteramerahnews.co.id - Demi meningkatkan layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sidrap meluncurkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer (ILP) pada Sabtu, 22 Juni 2024. Peluncuran yang dipimpin oleh Pj. Bupati Sidrap, H. Basra, berlangsung di Auditorium Iqra Itkes Muhammadiyah Sidrap, Kelurahan Rijang Pittu, Kecamatan Maritengngae.


Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Tata Kelola Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Ribka Sebayang, serta sejumlah pejabat dan perwakilan instansi terkait. Dalam sambutannya, H. Basra menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Sidrap untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. “Salah satu upaya yakni dengan melakukan transformasi pelayanan kesehatan primer melalui implementasi ILP,” jelasnya.


Basra menyatakan bahwa integrasi pelayanan kesehatan primer adalah langkah besar dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, keluarga, dan individu. “Melalui kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat, kita ciptakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan menyeluruh, dengan fokus pada keluarga sebagai unit terkecil masyarakat,” tambah Basra. Ia juga berharap implementasi ILP di Sidrap akan meningkatkan pelayanan kesehatan dan menyelesaikan berbagai masalah kesehatan dengan baik.


Ribka Sebayang menuturkan bahwa Indonesia masih menghadapi berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan terus berupaya meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan fokus pada enam pilar transformasi kesehatan: primer, rujukan, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.


Acara peluncuran ILP dihadiri oleh Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, Dr. H. Muhammad Agus Samsuddin, perwakilan USAID Mentari Primary Health Care, Husnan Nurjuman, dan Kepala Dinas Kesehatan Dalduk KB Sidrap, Mahmuddin. (*) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409