BLANTERVIO103

Pamit, Kapolsek Pitu Riase Dirindukan Masyarakat, Ini Alasannya

Pamit, Kapolsek Pitu Riase Dirindukan Masyarakat, Ini Alasannya
Selasa, 03 September 2019
Iptu Sudirman bersama Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Syaharuddin Alrif

SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS-- Murah senyum, humanis dan tegas. Begitulah sosok Iptu Sudirman. Perwira yang menjabat sebagai Kapolsek Pitu Riase Polres Sidrap ini dinilai sebagai pria cinta damai.

Wakil Ketua DPRD Sulsel H. Syaharudin Alrief S.ip. Dalam acara silaturahmi dengan masyarakat Pitu Riase mengatakan, Kapolsek sangat bermasyarakat dan loyalitas yang begitu luar biasa dalam bertugas dalam menjaga Kamtibmas, Kapolsek sangat dirindukan masyarakat  Pitu Riase ,karena selama menjadi kapolsek sangat dekat dengan masyarakat

Sebab dirinya dinilai mampu memberikan pembinaan dan melakukan pencegahan  dan penyakit masyarakat (Pekat) di wilayah hukum Polsek Pitu Riase.

H. Syaharudin Alrief S.ip dalam acara silaturrahim dengan masyarakat Pitu Riase mengatakan, banyak warga yang nyaman dengan kehadiran Iptu Sudirman Katanya ada rasa kangen dan rindu ketika mendengar bahwa Iptu Sudirman akan di pindahkan dari Barukku Pitu Riase.


Dia mengatakan, adanya beliau hubungan masyarakat dengan Polisi sangat terjalin sinergitas yang baik. Baik itu dengan Kecamatan hingga para Kepala Desa, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama dan semua anggota TNI.

"Yang tidak suka Kapolsek berarti dia adalah orang yang punya salah," imbuhnya.

Sementara Iptu Sudirman mengakui bahwa semua keberhasilan itu berkat dukungan semua pihak, serta masyarakat di wilayah hukumnya, antar lini, antar pilar saling sinergitas.

"Apa yang saya lakukan sebenarnya tugas kepolisian pada umumnya. Saya hanya melakukan sesuai kemampuan," ucapnya.

Tak terlepas dari itu, tambahnya, peran dari pimpinannya dalam hal ini Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono SH,Sik, MH adalah sosok motivator yang menurutnya luar biasa menular ke semua anggota termasuk dirinya, untuk terus berbuat yang terbaik, melayani masyarakat dengan sepenuh hati dan ikhlas dengan program 5 Panca siap, Siap Belajar, Siap Beribadah, Siap Bersedekah, Siap bertutur kata yang baik dan Silaturahmi


Selama menjabat sebagai Kapolsek Pitu Riase, banyak perubahan yang dibawa Iptu Sudirman di wilayah hukumnya. Tingkat kriminal bisa ditekan dengan aktif turun gunung ke desa terpencil. Semua dalam upaya mewujudkan program Promoter (Profesional, Modern, Terpercaya) yang dicanangkan Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

Tak penting dimana letak Pitu Riase yang terluas dari beberapa kecamatan di kabupaten Sidrap berbatasan langsung empat kabupaten yakni Enrekang, Tator, Luwu dan Wajo, ia rela menempuh jarak dan medan berat beberapa daerah terpencil untuk sekedar memantau kondusifitas wilayah hukum Polsek Pitu Riase serta untuk bersosialisasi dengan masyarakat.

Jalan terjal dan berlumpur bukan suatu hal yang aneh lagi bagi Kapolsek mudah itu dalam menjalankan tugasnya.

"Saya senang berada di sana, antar pilar kami solid dan dengan masyarakat pun penuh kekeluargaan, bersama menjaga keamanan dan ketertiban,” ungkapnya.

Katanya, ini merupakan tantangan tersendiri bagi dirinya bertugas sebagai Kapolsek Pitu Riase. Apalagi bila hujan, makin berat tantangannya, namun sudah biasa baginya menghadapi medan jalan yang berat.

Awal datang ke Polsek Pitu Riase, dirinya merasa keadaan masyarakat di sana berbeda jauh dari perkotaan, masyarakat pedesaan sangat ramah. Perlahan dengan cara persuasif, dia sambangi masyarakat. Berusaha menjangkau daerah yang belum pernah dijangkau untuk bersilaturahmi dengan warga masyarakat

Niat baik menjadi kekuatan. Dulunya ada persoalan persoalan di wilayah hukum, Alhamdulillah sampai sekarang aman masih bisa diselesaikan dengan kekeluargaan

Dia tak menyangka, penuh berkesan, ketika kami melakukan sosialisasi, ternyata respon masyarakat sangat baik. Bahkan mereka katakan merindukan kehadiran Polri.  Inilah yang dikatakan tak kenal maka tak sayang, ketika sudah kenal, akan sayang.

“Saya bangga dengan seluruh masyarakat di wilayah hukum Polsek Pitu Riase . Semoga kita terus bisa bekerjasama dan saya mohon dukungan masyarakat semua untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama, dan minta pamit dan doa agar dalam melaksanakan tugas baru di Polsek Panca Rijang semoga bisa sukses, Amin," tandasnya. (wis)


Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409