BLANTERVIO103

Baznas Peduli Bencana di Kulawi

Baznas Peduli Bencana di Kulawi
Minggu, 15 Desember 2019



SIGI, LENTERAMERAHNEWS - Bencana banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Kamis malam lalu, menyita perhatian semua pihak. Salah satunya adalah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Melalui satuan gerak cepat Baznas Tanggap Bencana (BTB), lembaga pemerintah nonstruktural ini kembali ambil bagian dalam membantu korban yang terdampak banjir di Kulawi.

Salah satu relawan yang tergabung dalam BTB Baznas Sulteng, Haris Pangan, mengatakan, BTB Baznas, Sigi, Sulteng, dan Baznas Pusat, bergerak cepat membantu warga yang terdampak bencana dengan membersihkan rumah yang tergenang lumpur dan material lainnya.

"Jumat siang kita langsung ke lokasi bencana bergabung dengan tim dari Pemda Sigi, TNI dan Polisi serta relawan lainnya. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar walaupun menuju lokasi sedikit alami hambatan karena jalan yang penuh material,"terangnya.



Sementara salah satu unsur pimpinan Baznas Sigi Hadi Wijaya mengatakan, BTB merupakan unit kerja dari bidang pendistribusian dan pendayagunaan Baznas yang bertugas merespon dalam mengurangi dampak bencana dan menekan risiko keterparahan kemiskinan akibat bencana.

Selain itu BTB bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pengurangan Risiko Bencana (PRB) melalui edukasi. Menangani korban bencana melalui tahapan Rescue, Relief, Recovery, Recontruction, serta menumbuhkan jiwa kerelawanan di masyarakat, menguatkan kapasitas dan membangun jaringan relawan.

"Alhamdulillah bencana yang terjadi di Kulawi Desa Bolapapu, BTB langsung merespon dan turun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terdampak,"terangnya.

Selain membantu rumah yang rusak, kehadiran BTB juga membantu mendistribusikan makanan dan sembako yang diperlukan, serta mengedukasi anak anak yang terdampak bencana dengan menghibur.

Hadi menambahkan, sejumlah Baznas dari daerah lain juga sudah memberikan informasi akan membantu keluarga yang terdampak bencana di Kecamatan Kulawi seperti Baznas Kota Palu.

Sebelum ke Kecamatan Kulawi lanjut Hadi, BTB juga belum lama ini juga sudah membantu warga yang ada di Desa Poi dan Desa Bangga, Kecamatan Dolo Selatan.

"Warga sudah pasti akan membutuhkan sejumlah bahan pokok beberapa hari kedepan, yang tentunya perhatian pada semua pihak masih akan diperlukan, dan Baznas Sigi yang berada di jalan karajalemba eks kantor Bapeda Sigi selalu terbuka menerima bantuan apa saja untuk warga yang terdampak bencana di wilayah Sigi,"ujar Hady. (Ardi)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409