BLANTERVIO103

SMAN 11 Pinrang Tanamkan Nilai Kejujuran Bagi Siswa

SMAN 11 Pinrang Tanamkan Nilai Kejujuran Bagi Siswa
Senin, 16 Desember 2019

H. Ridwan Ali (kanan) bersama H. Muh. Arsyad, kepala UPT SMAN 1 Pinrang


PINRANG, LENTERAMERAHNEWS--Untuk meningkatkan prestasi siswa disekolah, peran serta guru sangat vital. Karena itu, salah satu sekolah favorit di Kabupaten Pinrang yakni SMAN11 Pinrang sangat menekankan pentingnya ptofesionalisme guru dalam membina dan mengajar siswanya.

Kepala UPT SMAN 11 Pinrang Drs.HM.Ridwan Ali M.Pd kepada media mengakui selalu memberikan pesan kepada guru yang ada dilingkup sekolahnya, bahwa keberhasilan sekolah meraih akreditasi A dengan nilai 97 itu adalah berkat dari siswa itu sendiri. Sebab, tidak mungkin sekolah ini dapat nilai tertinggi kalau bukan dari siswa itu sendiri.

"Makax saya pesan kepada, guru jangan berikan nilai anak-anak itu dengan perasaan, dan memberikan nilai gratis. Nilainya harus dari hasil dia bekerja," ucap mantan Kasek SMAN 5 Pinrang ini.

Untuk itu kata Ridwan, pesan kepada guru untuk tidak memberikan nilai kepada siswa berdasar perasaan, tapi dia harus bekerja sebab kalau kita bekerja dengan hasil jerih payah kita sendiri, tentu rasanya akan nikmat dan berkah. Jika dibanding dengan pemberian gratis.

"Dengan nilai gratis, maka siswa itu bisa sombong dan riya, sebab sekolah kita ini termasuk sekolah unggulan, bagaimana supaya siswa jika keluar nantinya bisa unggul disegala bidang," imbuhnya.

Kalau perlu imbuh Ridwan, siswa itu diberikan lembaran soal, disisi lain, kita berikan juga kunci jawaban diletakkan diatas meja, kita mau lihat apakah dia jujur, tidak mencontek jawaban yang diberikan atau sebaliknya.

Itu penting lanjutnya, sebab kunci keberhasin itu terletak dari nilai kejujuran. Kejujuran memang mungkin agak susah, tapi minimal dia jujur terhadap dirinya. Kunci keberhasilan adalah kerja keras dan kejujuran, dengan hasil jerih payah dan hasil keringat sendiri disertain kejujuran, hasilnya pasti berkah.

"Kemanakan saya sendiri pernah datang kerumah, mengeluh lantaran banyak mata pelajaran yang harus remedial karena nilainya rendah. Apa yang saya sampaikan, kerja saja sebab sesuatu yang kita kerjakan sendiri dengan keringat pasti Tuhan akan membalasnya dengan kebaikan," ucap mantan Kasek SMAN 1 Pinrang ini.

Harapan Ridwan, nilai atas sekolah inj dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) adalah gambaran yang bisa dan mampu memberikan harapan kedepan agar sekolah ini  jauh lebih baik dari sekarang. Sebab nilai 97 itu adalah nilai akreditasi bahwa sekolah ini unggulan, kita harus unggul dari segala sisi. (alimuddin) 
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409