BLANTERVIO103

Wisata Ilmu Falak Mahasiswa PAI Unismuh Makassar, Ini Tujuannya

Wisata Ilmu Falak Mahasiswa PAI Unismuh Makassar, Ini Tujuannya
Kamis, 19 Desember 2019



MAKASSAR, LENTERAMERAHNEWS--Sejumlah mahasiswa Program study Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Makassar kelas 3A melakukan study Praktek lapangan dengan konsep Wisata Falak di Leang-Leang, kabupaten Maros dengan tema "menentukan arah Shalat dengan Akurat dialam bebas". Kegiatan ini dibina langsung oleh Dosen Ilmu Falak Unismuh Makassar, Mursyid Fikri S.Pd.I. MH, Kamis, (19/12/2019).

Ketua tingkat, Evan Setiawan mengatakan bahwa konsep Study lapangan kami namakan Wisata Falak karena sembari berwisata kami juga ingin mengetahui lebih dalam terkait Ilmu falak khususnya bagaimana cara menentukan arah kiblat dengan akurat di alam bebas.

"Kebanyakan mahasiswa Unismuh suka melakukan penjelajahan di alam seperti mendaki, traveling dll. Olehnya itu harapannya dengan pembelajaran  Metode penentuan arah kiblat dialam bebas kami mampu mengimplementasikan ilmunya ketika suatu saat melakukan perjalanan," jelasnya.



Mursyid Fikri, Dosen Pengampuh mata kuliah  Ilmu falak mengatakan bahwa dalam pembelajaran lapangan ini kami mau mengajarkan kepada mahasiswa beberapa metode dalam menentukan arah kiblat, mulai dari instrumen klasik hingga modern yakni Tongkat istiwaa, kompas dan istwaaini.

"Dalam prakteknya mahasiswa di perkenalkan bagaimana penggunan Kompas, tongkat istiwaa dan istiwaaini dalam menentukan arah kiblat," tutur Mursyid.

Dengan memperkenalkan berbagai metode pengukuran arah kiblat lanjut Mursyid,  mahasiswa akan mampu menjadi pelopor pengakurasian arah kiblat di masing-masing tempat tinggalnya nanti. (alimuddin) 
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409