BLANTERVIO103

Pasar Rakyat Bulubete Diresmikan

Pasar Rakyat Bulubete Diresmikan
Senin, 20 Januari 2020

Asisten I Bidang Pemerintahan, Andi Ilham resmikan Gedung baru pasar Rakyat di Desa Bulubete Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi Minggu (19/1/2020).

SIGI, LENTERAMERAHNEWS--Bupati Sigi diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan Andi Ilham meresmikan Gedung baru pasar Rakyat di Desa Bulubete Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi Minggu (19/1/2020).

Peresmian Pasar Rakyat ini juga dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi Adri DM Singi, Kabid Pendidikan Islam (Pendis) Yahya YA Landua, Sekcam Dolo Selatan, Para Kades, Aparat Desa Bulubete dan Tokoh Masyarakat.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Andi Ilham menyampaikan bahwa pembangunan pasar ini bertujuan menunjang dan menigkatkan perekonomian masyarakat.

Olehnya diharapkan para dagangang dapat menciptakan kondisi pasar yang nyaman sebagai tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli.

"Saya harapkan para pedagang bisa menjaga kebersihan pasar agar tercipta suasana yang nyaman sehingga semakin menarik minat pembeli. Pembangunan pasar ini mewakili semangat baru sehingga aktifitas kehidupan pasar terus ramai,"ungkapnya.


Lanjutnya, pasar ini nantinya mempunyai kualitas dan keunikan yang tidak kalah dengan pasar moderen lainya, pasar yang bersih dan nyaman.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sigi Adri DM Singi, menjelaskan bahwa secara ekonomi keberadaan pasar rakyat di Kabupaten Sigi berfungsi sebagai sarana vital bagi masyarakat untuk menjual hasil pertanian yang dapat meningkat pendapatan ekonomi masyarakat.

Kata dia, pasar rakyat Bulubete merupakan salah satu pasar dari 18 pasar yang dikelolah oleh pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah teknis yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan kabupaten sigi, dalam rangka mengembangkan sarana pasar yang lebih baik.

Maka, pada bulan juli 2018 telah dilakukan kontrak pembangunan pasar Bulubete yang dibangun melalui dana DAK bidang sarana perdagangan tahun 2018.

Namun dengan perjalanan kontrak harus dihentikan secara permanen akibat gempa bumi pada 28 september yang lalu.

"Sehingga pada tahun 2019 kami dari OPD teknis mengusulkan kembali pembangunan kembali pasar rakyat bulubete dengan sumber anggaran SILPA DAK 2018, yang hasil pekerjaanya berupa terbangun 1 unit los Ikan dan 1 unit los sayur," ujarnya. (Fadli/Ardi)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409