BLANTERVIO103

17 Tahun Desa Pakawa, Kades Jaya : Pembangunan Masih Berkutat di Infrastruktur Jalan

17 Tahun Desa Pakawa, Kades Jaya : Pembangunan Masih Berkutat di Infrastruktur Jalan
Rabu, 18 Maret 2020

Dari kiri: ketua BPD Mei, kades Pakawa Jaya dan sekdes Zainuddin

Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id-- Desa Pakawa Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu merupakan Desa paling ujung bagian timur Kecamatan Pasangkayu yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Donggala Propinsi Sulteng.

Desa Pakawa menjadi sebuah Desa sejak tahun 2003 silam dihuni beragam suku dan agama yang saat ini jumlah penduduknya mencapai 1775 jiwa yang tersebar di 10 Wilayah Dusun, dimana letak geografis antar beberapa Dusun masih cukup luas yang pemukimannya masih belum tertata.

Di usianya ke 17 Tahun, Desa Pakawa sampai saat ini arah pembangunannya masih fokus di peningkatan infrastruktur jalan baik itu jalan penghubung antar Dusun maupun akses jalan produksi Tani, mengingat warga Desa Pakawa mayoritas sebagai petani dan pekebun.

Kepala Desa Pakawa Jaya di ruang kerjanya akui bahwa, kendala yang dihadapi dalam pembangunan jalan di Desanya adalah jauhnya jarak antara Dusun satu dengan dusun yang lain dan belum tertatanya permukiman penduduk di beberapa dusun.

"Kendala utama di Desa Pakawa ini adalah jarak antara Dusun satu dengan yang lain berjauhan sehingga pembangunan maupun peningkatan jalan terkesan lamban karena anggaran di bagi kesemua Dusun, " ujar Jaya yang sudah kepala Desa Sejak Tahun 2003 ini

Jaya juga keluhkan akses jaringan Telkomsel yang sampai saat ini hampir belum menyentuh di wilayahnya sehingga Pemerintah Desa Pakawa ketinggalan informasi apabilah ada kegiatan yang mendadak di Kabupaten.

"Akses jaringan telkomsel sampai saat ini hampir dibilang belum menyentuh di wilayah ini. Sehingga terkadang Kami lambat terima informasi kalau ada kegiatan di Pasangkayu, " ujar Jaya yang didampingi sekdes Zainuddin. Rabu,18/03/20.

Dia menambahkan bahwa, dengan Dana Program MARASA gubernur Sulbar tahun 2019, Pemdes Pakawa telah membangun gedung Balai latihan kerja (gedung serba guna) yang bangunannya tepat berdampingan dengan Kantor Desa.

"Kedepan Kami akan galih potensi Desa di sektor pariwisata karena di Pakawa ada 7 titik Gua yang sangat potensial menjadi tempat rekreasi bagi masyarakat. Tinggal akses dan prasarananya yang akan kita bangun, " ungkapnya.

Ditempat yang sama Sekdes Pakawa Zainuddin, S.Pd.I beberkan kalau sejak tahun 2019 sampai RKP Tahun 2020 mayoritas pembangunan masih di dominasi peningkatan jalan produksi dan pembangunan plat Deuker.

"Menurut informasi, akses jaringan telkomsel in sha allah Tahun depan sudah masuk di Pakawa, " kata Zainuddin. (ags)
Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409