BLANTERVIO103

Pemkab Sigi Salurkan Bibit Sayuran Pada Warga Huntara ACT Sidera

Pemkab Sigi Salurkan Bibit Sayuran Pada Warga Huntara ACT Sidera
Selasa, 11 Agustus 2020

 

Bupati Moh Irwan didampingi Kadis Rahmad Iqbal Nurchalis, memulai penanaman bibit bantuan

SIGI, lenteramerahnews.co.id- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan setempat menyalurkan bibit sayuran kepada kelompok masyarakat penghuni Hunian Sementra (Huntara) ACT Desa Sidera, Selasa (11/8). 


Bantuan ini adalah terkait program hunian sementara berbasis Pekarangan Pangan Lestari (P2L), dimana program ini akan memanfaatkan lahan-lahan kosong di sekitar Huntara untuk ditanami sayuran. 


Bantuan tersebut di serahkan secara simbolis kepada Ketua Kelompok Tani setempat oleh Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapata di dampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi. 


Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi Rahmad Iqbal Nurchalis, menyebutkan bantuan yang diserahkan tersebut berupa bibit jagung dan bibit sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, selada, cabe, tomat dan terong. 


"Bibit-bibit tersebut akan ditanam di lahan-lahan kosong disekitar huntara. Ini dimaksudkan agar kegiataan masyarakat penghuni huntara punya aktifitas ekonomi dalam kaitan penyediaan pangan untuk rumah tangganya," Terang Kadis. 


Lanjut Kadis, hasil tanaman ini selain sebagai penyedia kebutuhan rumah tangganya, juga bisa dijual jika berkelebihan. "Sehingga secara tidak langsung bisa menambah pendapatan ekonomi mereka yang ada di huntara," Tambahnya. 


Terkait program tersebut, diawal kegiatan Bupati Sigi Mohamad Irwan menyampaikan bahwa program seperti ini terus di dorong untuk dikembangkan khususnya di kabupaten Sigi. 


Bupati pun berharap agar masyarakat maupun pemerintah desa untuk tetap bersinergi dan membangun komunikasi kepada pemerintah kabupaten agar semua program dapat berjalan dengan baik.


Usai menyerahkan bibit bantuan, Bupati Sigi bersama Kadis Tanaman Pangan dan Perikanan Kabupaten Sigi memulai penanaman langsung bibit sayuran di lahan yang sudah tersedia. (Ardi)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409