BLANTERVIO103

Di Majene Propinsi Sulbar, Peninggalan Belanda Jadi Obyek Wisata

Di Majene Propinsi Sulbar, Peninggalan Belanda Jadi Obyek Wisata
Jumat, 20 November 2020


Majene, Lenteramerahnews.co.id--Beberapa daerah di indonesia memiliki bangunan peninggakan Belanda. Tak heran, di beberapa propinsi memiliki Kota tua yang memiliki nilai history yang sangat luar biasa sehingga menjadi obyek kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri sepeeti di Yogyakarta memiliki Alun-alun Malioboro, Makassar memiliki Benteng Rotterdam. 


Nah, di Propinsi Sulawesi Barat memiliki Kota Tua bersejarah yakni Kab.Majene. di Kota Majene sendiri ada beberapa peninggalan bangunan Belanda, Salah satunya adalah Museum Mandar Majene yang berarsitektur khas Eropa tersebut adalah bekas rumah sakit. Rumah sakit ini dibangun pada tahun 1908 oleh Pemerintah Hindia Belanda dan sekarang beralih fungsi menjadi museum.


Di salah satu ruangan, koleksi kedokteran peninggalan rumah sakit Belanda tersebut dipamerkan, Ruangan lain yang menarik adalah ular sawah yang diawetkan. Ular jenis piton tersebut ditangkap di Buttu Tupa' Allo pada 1 Januari 2010.

Kab.Majene juga dikenal memiliki obyek wisata yang menjadi Faborit sejak tahun 90an antara lain, Wisata Pantai Dato', Makam Tua Raja-Raja Mandar, Wisata Uwai Malle', Wisata Mangrove Baluno Beach Kecamatan Sendana dan Kuliner Khas Mandar sepanjang pantai Somba - Mosso.


Tim fam trip tour Jelajah Wisata Sulbar mengikutkan Putri pariwisata Sulawesi Barat Tahun 2020 asal Kab.Mamasa Wirda Ayu Wandira. Peran Putri pariwisata sebagai memiliki ujung tombak promosi. 


Maka, posisi duta wisata menjadi signifikan di sini, karena Duta wisata adalah wajah pariwisata daerah yang diwakilinya. Keberadaan duta wisata akan mempermudah penyebaran informasi tentang pariwisata daerah kepada masyarakat luas—hingga ke daerah lain.


Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab.Pasangkayu Dasteri, S.Pd.,M.Pd yang ikut dalam tour Di Kab. Majene menilai rencana Dinas Pariwisata Propinsi Sulbar yang akan mengembangkan Majene sebagai obyek Wisata Kota Tua di Sulbar sudah sangat tepat.


"Majene memiliki sejarah peninggalan Belanda. Wajar dijadikan ikon kota tua," ucapnya. Rabu malam, 18/11/2020.


Laporan: Agusriadi Natsir LM

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409