BLANTERVIO103

Gubernur Sulsel Ingin Kembalikan Kejayaan Sutera di Kabupaten Soppeng

Gubernur Sulsel Ingin Kembalikan Kejayaan Sutera di Kabupaten Soppeng
Minggu, 29 November 2020


Soppeng, lenteramerahnews.co.id--  Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah melakukan kunjungan ke lokasi Pertanian Tanaman Murbei di Turungeng Lappae desa Tottong Kec.Donri-Donri Kab.Soppeng, Sabtu (28/11/2020).


Kunjungan ini dalam rangka untuk melakukan peninjauan tanaman murbei, hal ini berkaitan dengan adanya program kerja Sulawesi Selatan untuk mengembalikan  kembali kejayaan sutera.


Gubernur Sulawesi Selatan ingin mengembalikan kejayaan murbei dan  melihat beberapa jenis murbei yang ada di Kab Soppeng diantaranya murbei India, murbei Alba, Katayana ( jenis dari jepang), Multicaulis, Shalom (china) dan semua Jenis ini yang banyak dibudidayakan oleh petani sutera yang ada  di Sulsel. Ada juga jenis macrora dan nigra tapi produktifitas daunnya rendah.


Pjs Bupati Soppeng mengatakan Dengan adanya kunjungan ini, tentunya Pemerintah Daerah ingin mengembalikan kejayaan sutra di Kab. Soppeng sehingga masyarakat dapat menikmati hasil dari tanaman murbei dan nantinya dapat kita pasok keluar daerah, seperti  ke Kab Wajo dan daerah-daerah lainnya.

Dengan adanya kunjungan Gubernur Sulsel, harapan para petani dapat direalisasikan dengan cepat.


Sementara Pengusaha Sutra Alam, pak Suherman menyampaikan bahwa tahap 1 kami sudah melewatinya, untuk tahap ke 2 ini, proses tendernya sudah dua kali gagal karena untuk tender ini kita harus memiliki persediaan bibit sebanyak 25 % dari jumlah keseluruhan dan kami sudah cukup bersyarat untuk pemenuhan bibit ini begitupun pengadministrasiannya sudah terpenuhi, tapi yang menjadi kendala adalah sistem penguploadtan data di sistem LPSE.


Dilain pihak kami memiliki produk unggulan di Prov. Sulsel dan jika ini tertunda maka akan berpengaruh untuk bahan baku dan pengadaan mesin pemintalan sutra untuk tahun depan.


Kami sudah memberikan laporan ke Gubernur Sulsel, dan kebijakan kedepannya, proses ini akan tetap dilanjutkan sehingga diharapkan  agar menyampaikan bukti-bukti administrasi fisik yang dimiliki, kemudian akan dibawa langsung ke LPSE Provinsi.


Insya Allah diakhir tahun ini, kami sudah memberikan persediaan bibit dan kami bisa selesaikan pekerjaannya, dan senin depan kami akan melakukan koordinasi ke provinsi.


Dari pada impor benang, Soppeng punya potensi untuk memproduksi benang sendiri. Sehingga pemerintah kembali melestarikan budidaya ulat sutra di kabupaten Soppeng


Kabupaten Soppeng mempunyai potensi dan masyarakat yang terampil sudah cukup banyak, sehingga Pemprov melirik Kabupaten Soppeng untuk  pengembangannya. (AC)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409