BLANTERVIO103

Baznas Sigi Akan Miliki Rescue Untuk Bantu Penanganan Bencana

Baznas Sigi Akan Miliki Rescue Untuk Bantu Penanganan Bencana
Selasa, 09 Maret 2021

 


SIGI, lenteramerahnews.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sigi, kini akan memiliki rescue dalam membantu penanganan bencana di wilayah Sigi yakni, Baznas Tanggap Bencana (BTB), yang merupakan salah unit kerja dari bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS yang bertugas mengurangi dampak bencana.


Salah satu unsur pimpinan Baznas Sigi Hadi Wijaya mengatakan, rescue nantinya diberi nama BTB Sigi ini beranggotakan 12 orang, yang di kordinir  Fachri Pribowo itu diterima langsung di kantor BAZNAS Sigi jalan Karajalemba eks kantor Bappeda Sigi Selasa (09/03.


"Alhamdulillah BAZNAS Sigi sudah memiliki unit reaksi cepat penanganan bencana yakni relawan BTB, dan ini merupakan satu satunya BTB yang ada di kabupaten/kota untuk di lembaga Baznas Sulteng"terangnya.


Sejak awal lanjutnya, Baznas Sigi menginginkan adanya rescue BTB di Kabupaten Sigi, mengingat wilayah Sigi merupakan salah daerah yang rawan akan terjadinya bencana, apalagi pasca bencana 2018 lalu yang mana Kabupaten Sigi salah satu daerah yang masuk dalam zona merah.


Kehadiran BTB di Kabupaten Sigi, tentunya BAZNAS Sigi memberikan apresiasi kepada BAZNAS RI dan BTB Pusat, yang nantinya dapat melakukan berbagai hal secara cepat dalam penanganan bencana.


Hadi menambahkan, pihaknya juga dalam hal ini akan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sigi, sehingga dalam pelaksanaan di lapangan secara bersama sama dapat berkoordinasi melakukan penanganan resiko bencana.


"Keberadaan BAZNAS membantu pemerintah demikian pula BTB, sehingga koordinasi sangat penting dalam pelaksanaannya".


"BTB juga saat bencana  terjadi di Sigi lalu, para relawan  BTB yang telah terbentuk di kabupaten/kota di Indonesia hadir membantu penanganan bencana , "ujar Hadi 


Jauh sebelumnya juga, BAZNAS RI telah membentuk unit yakni, BAZNAS Microvanance Desa (BMD) Sigi yang bergerak dalam membantu usaha kecil, agar perekonomiannya lebih baik. 


Salah satu unit lagi yang juga telah terbentuk di BAZNAS Sigi yaitu, Mualaf Center BAZNAS (MCB), yang bergerak melakukan pembinaan dan pendampingan kepada mualaf.


Sementara Fachri Pribowo mengatakan,  hadirnya relawan BTB di Sigi sudah sejak lama, namun selama ini berada di BAZNAS Sulteng.


"BTB Pusat juga sudah mengarahkan ke Sigi, setelah kita berkordinasi, akhirnya Alhamdulilah BTB Sigi sudah bisa terbentuk, yang nantinya BAZNAS Sigi berkordinasi ke BTB pusat yang juga sudah menunggu secara administrasinya dengan menyurat"kata Fahcri. (Ardi/hady)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409