BLANTERVIO103

Ketua IKM Gagas Pengolahan Enceng Gondok di Sidrap

Ketua IKM Gagas Pengolahan Enceng Gondok di Sidrap
Kamis, 25 Maret 2021


SIDRAP, lenteramerahnews -- Ikatan Kekerabatan Masyarakat (IKM) Sidenreng Rappang (Sidrap) melalui Ketua Umumnya, Prof Dr Andi Alimuddin Unde mengaggas pengolahan enceng gondok di Kabupaten Sidrap. 


Rencana itu akan direalisasikan lewat pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan sesudah lebaran Idul Fitri di Desa Lise, Kecamatan Panca Lautang, Sidrap dengan mendatangkan pelatih dan instruktur langsung dari Balai Diklat Industri Yogyakarta. 


Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sidrap, Ahmad Dollah, SP, MSi mengatakan, kegiatan pelatihan ini atas prakarsa Ketua IKM Sidrap, Prof Andi Alimuddin Unde yang juga ketua LPPM Unhas. 


"Beliau menggagas pelatihan pengolahan enceng gondok kerjasama dengan Dinas Perdagperin Sidrap," ucap Ahmad Dollah. 


Pelatihan pengolahan eceng gondok ini nantinya akan diikuti para kepala desa/lurah dan bumdes yang berada di pesisir Danau Sidenreng. Untuk membicarakan rencana pelaksanaan pelatihan pengolahan eceng gondok bagi masyarakat khususnya desa dan kelurahan yang berada di pesisir Danau Sidrenreng  antara lain Kelurahan Wette'e, Lajonga, Bapangi, Sllesalewoe, Lise, Teteaji,  Polewali dan Desa Mojong diadakan pertemuan di kantor Dinas Perdagperin, Kamis, 25 Maret 2021.


"Tujuan dari pelaksaan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya di pesisir danau bahwa eceng gondok selama ini dianggap masyarakat sebagai gulma,  ternyata bisa memberkan nilai ekonomis bagi masyarakat," jelasnya. 


Kata Ahmad, disamping itu juga bisavmenumbuhkan wirausaha baru dibidang kerajinan olahan enceng gondok. 

(wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409