BLANTERVIO103

Di Sidrap, Enceng Gondok Akan Diolah Jadi Industri Berbasis Rumah Tangga

Di Sidrap, Enceng Gondok Akan Diolah Jadi Industri Berbasis Rumah Tangga
Senin, 26 April 2021

 


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Balai Besar Kerajinan Batik Yogyakarta bersama Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) melakukan penandatanganan nota kesepahaman  (Mou) tentang penumbuhan dan pengembangan industri di Kabupaten Sidrap, diruang pimpinan lantai 3, Senin, 26 April 2021.


Dengan ditandatanganinya MoU ini, di Kabupaten Sidrap akan terbuka peluang industri baru yakni bagaimana mengolah enceng gondok menjadi kerajinan berbasis rumah tangga. 


Bupati Sidrap, H. Dollah Mando didampingi Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ahmad Dollah, SP, Msi, Kepala Bapelitbangda, Kadis PMPTSP, Kabag Kerjasama, Kabag Hukum dalam sambutannya ucapkan Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada balai besar kerajinan batik Yogyakarta atas kesediannya bekerjasama dengan Pemkab Sidrap tetkait penumbuhan dan pengembangan industri di Sidrap. 


Bupati berharap kedepannya, dengan adanya dukungan dari balai besar kerajinan batik Yogyakarta, lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat Unhas, serta Ikatan Kekerabatan Masyarakat (IKM) Sidrap, kedepannya AKAN terjalin kerjasama yang baik dalam rangka peningkatan keterampilan masyarakat dalam hal kerajinan sesuai potensi yang ada di Kabupaten Sidrap. 

Selain itu, Dollah Mando berharap dengan kerjasama ini bisa menumbuhkan wirausaha baru dibidang industri kerajinan secara khusus dan pembangunan industri dalam arti luas. 


Sementara itu, Kadis Perdagrin Sidrap, Ahmad Dollah, SP, Msi mengatakan, usai pendatangan MoU ini dilanjutkan dengan pelatihan secara virtual cara pengambilan enceng gondok yang diikuti peserta dari Desa Mojong, Lise, Teteaji, Alesalewo, Bapangi serta Kelurahan Lajonga dan Wette'e. 

"Intinya, bapak Bupati sangat mendukung pengolahan enceng gondok bisa dijadikan kerajinan berbasis rumah tangga, " jelas Ahmad.


Selain kata dia, bupati juga berharap agar kerjasama dengan BBKB Yogyakarta ini akan menciptakan batik ciri khas Kabupaten Sidrap. 

(wis) 





Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409