BLANTERVIO103

Begini Resiko Jika Berani Buang Sampah Sembarangan di Kecamatan Pallangga

Begini Resiko Jika Berani Buang Sampah Sembarangan di Kecamatan Pallangga
Senin, 07 Juni 2021


GOWA, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Kurangnya kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya adalah momok tersendiri bahkan menjadi permasalahan yang sudah meresahkan warga. Terkait hal itu, sebuah video yang tersebar di Facebook atas nama akun Andi Muhammad Atthar yang memviralkan seorang warga yang kedapatan membuang sampah dengan caption, 


"Telah terjadi OTT, terhadap salah satu warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya di sekitaran lingkungan Kelurahan Pangkabinanga. Diketahui warga tersebut berdomisili di kelurahan ParĂ ngbanoa"


Aksi warga yang membuang sampah tersebut diciduk langsung oleh satgas pemburu pembuang sampah sembarangan yang dipimpin langsung salah satu kepala lingkungan di Kelurahan Pangkabinanga dengan dibantu oleh tokoh masyarakat setempat, Minggu (6/5/2021). 


Dalam Video tersebut nampak hukuman bagi pembuang sampah yakni, mereka disuruh untuk meletakkan sampah yang mereka buang diatas kepala kemudian diviralkan.


Camat Pallangga, Taufik M Akib S.STP yang di hubungi via WhatsApp membenarkan perihal video viral tersebut. Ini merupakan Instruksi agar memberikan efek jera bagi warga yang senantiasa membuang sampah bukan pada tempatnya.


Lurah Pangkabinanga, Syahrir Sanusi setelah di konfirmasi oleh media ini melalui Telpon WhatsApp juga membenarkan kejadian tersebut.


"Betul pak itulah Inisiatif kami dan warga yang sudah resah dengan perbuatan warga yang tidak patuh dan taat atas himbauan yang telah di pasang dengan sangat besar. Kami sudah menyebarluaskan informasi larangan di titik yang memang menjadi langganan pembuangan sampah masyarakat, " jelasnya. 


"Lebih parahnya lagi di tempat ini sudah sering terjadi kecelakaan akibat serakan sampah yang di buang oleh masyarakat yang sebenarnya pak notabenenya bukan warga fari kelurahan saya, " tambahnya. 


Terkait memviralkan warga yang membuang sampah disembarang tempat, Pak lurah membenarkan dan itu bentuk memberikan efek jera kepada masyarakat agar diketahui oleh seluruh masyarakat bahwa itulah efek dari perbuatan yang berani membuang sampah di lokasi tersebut.


Di lain sisi aktivis Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Sulsel Mira Jannah melalui media ini beliau sangat menyayangkan hal tersebut.


"Hal yang menjadi masalah dalam kasus itu notabenenya ialah terkait kesalahan individu dan pemerintah dikawasan tersebut, " katanya. 


Perilaku masyarakat tersebut memang terbilang masih kurang aware terkait pengelolaan sampah rumah tangga mereka tapi dilain sisi mereka melakukan hal tersebut karena kurangnya fasilitas tempat pembuangan sampah yang disediakan dari pemerintah setempat kepada masyarakat.

(mursyid) 


 Jadi untuk kasus tersebut pandangan saya tidak serta merta kesalahan individu tersebut diluar perilakunya melainkan juga cerminan kepada pemerintah dalam menangani sebaran sampah disekitar kawasan tersebut. Seperti yang terlihat divideo lokasi tersebut terlihat sebagai kawasan pembuangan sampah sembarangan oleh masyarakat maka pemerintah harus mengambil sikap atas banyaknya sampah dilokasi tersebut sehingga perlu di Carikan solusi tepat mengenai Masalah Utamanya yakni terkait Sampah.  Tutupnya..

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409