BLANTERVIO103

Hari Kedua, Program 'ke Desa Ki' Dinas Kominfopers Pasangkayu Sasar Pedalaman Suku Da'a

Hari Kedua, Program 'ke Desa Ki' Dinas Kominfopers Pasangkayu Sasar Pedalaman Suku Da'a
Minggu, 06 Juni 2021

 


Pasangkayu, Lenteramerahnews.co.id. 

Sebagai dukungan implementasi proyek perubahan Pelatihan dan Kepemimpinan (Latpim) II sebagai syarat jabatan Eselon II di jajaran birokrasi, Kadis Kominfopers Pasangkayu Suri Fitriah, S.Sos.,M.Si luncurkan program 'ke Desa Ki' yang di telah canangkan perdana di Desa Sarjo, Kecamatan Sarjo beberapa waktu lalu.


Hari kedua, program 'ke Desa Ki" sasar warga Suku Da'a yang bermukim di Dusun Duria Sulapa, Desa Kalola, Kecamatan Bambalamotu Kabupaten Pasangkayu. 


Suri Fitriah menjelaskan, program "ke Desa Ki " itu bertujuan untuk menyebarluaskan desiminasi Informasi kebijakan pembangunan daerah dan pelayanan publik di wilayah terluar kota Pasangkayu.


Menurutnya, pelayanan publik yang sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di pelosok khususnya masyarakat Suku terasing saat ini ialah pelayanan administrasi kependudukan terutama pendekatan pelayanan E-KTP, akte kelahiran, perubahan dan penambahan data anggota keluarga. 

"Keikutsertaan Dinas Capilduk dan dinas lainnya dalam proyek perubahan ini sebagai dukungan dalam program ini." ujar Kadis yang memiliki paras cantik ini di Bantaya Duria Sulapa, Minggu (06/06/21).


Juru bicara TGT Covid-19 Kabupaten Pasangkayu ini mengatakan, selain Dinas Capilduk dan OPD pelayanan publik lainnya, program proyek perubahan ini juga mendapat dukungan dari berbagai instansi termasuk pihak Kodim 1427/Pasangkayu dan Polres Pasangkayu.


"Program ini bukan hanya selesai sampai di pencanangan, namun akan terus dilaksanakan di wilayah pelosok Pasangkayu. program ini juga sebagai saluran dalam penyebarluasan desiminasi nformasi publik dan kebijakan pembangunan daerah," terang Suri Fitriah.


Suri Fitriah katakan, program 'ke Desa Ki' yang dia ambil dalam proyek perubahannya untuk membangkitkan keinginan ke desa, karena banyak kearifan lokal yang masih dijaga dan dilestarikan oleh penduduk lokal, namun tidak terpublikasikan karena tidak tersedianya sarana informasi.


"Program ini memiliki manfaat diantaranya, terpenuhinya kebutuhan informasi, memperkecil kesenjangan sosial dan ekonomi serta mendekatkan pelayanan pemerintah ke masyarakat. Hari ini kurang lebih 90 warga Duria Sulapa yang berhasil dilayani administrasi kependudukannya." sebut Suri. 


Menurutnya lagi, informasi saat ini sangat penting buat seluruh masyarakat yang tinggal di pelosok Pasangkayu, namun bagi masyarakat yang ada di pedalaman mesti bijak dan cerdas memilih informasi yang diterima. Jangan mudah terpengaruh dengan informasi yang sifatnya hoaks.


Dihadapan puluhan warga Suku Da'a, Suri Fitriah meminta warga yang ingin mengetahui informasi tentang kebijakan dan layanan publik Pemerintah Daerah bisa langsung ke Dinas Kominfopers.


Dihadiri, Wabup Herny Agus, Ketua Komisi II Muslihat Kamaluddin, anggota DPRD Adi Kadir, Kadis Perpustakaan, Dinas Perumahan, Danramil 1427-02/Rdy Kapten Inf.Ismail, Kapolsek Bambalamotu Akp Muh.Nur, S.H, Kabid Pencatatan Sipil Mahmud, UPT PKM Bambalamotu, Sekcam Bambalamotu, Kades Kalola Logawali, Babinsa Koramil 02/Rdy, Personil Polsek Bambalamotu, tokoh adat, tokoh agama dan puluhan warga Suku Da'a. (Ags)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409