BLANTERVIO103

Salah Satu Puskesmas Peninggalan Zaman Belanda Yang Tidak Banyak Berubah

Salah Satu Puskesmas Peninggalan Zaman Belanda Yang Tidak Banyak Berubah
Senin, 07 Juni 2021

 


Penulis : Anfal Kabal Kirana 

Jurusan : Manajamen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa


Lenteramerahnews.co.id

Jika dilihat dari pinggiran jalan terlihat gaya bangunan ini berbeda dengan bangunan yang ada dengan sekarang, terlihat bangunannya memiliki jendela yang besar dan langit-langitnya yang tinggi dan lebar.salah satu bangunan Puskesmas yang bersejarah ini dibangun pada zaman pemerintahan Belanda yang berada di Sumberdadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman.


Diketahui, Puskesmas tersebut didirikan pada tahun 1930 yang dulunya bernama balai pengobatan dan tidak terasa sekarang usianya mendekati 100 tahun. bila dilihat dari luar terlihat cat bewarna putih kombinasi hijau daun yang membuat sejuk jika dipandang. dan diketahui pula puskesmas tersebut dulunya diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja di pabrik gula dan kini menjadi puskesmas Mlati II.


Puskesmas Mlati II yang bersejarah ini memiliki fisilitas seperti 2 mobil ambulance, mobil Puskesmas keliling, dan memiliki ruang rawat inap sebanyak 9 kamar yang masing-masing kamar memiliki 2 tempat tidur. tidak hanya itu, puskesmas ini juga sering membuat acara sosial berkaitan dengan kesehatan diantaranya melakukan penyuluhan demam berdarah, kesehatan jiwa dan hypertensi.

Walau usianya hampir 1 abad, Puskesmas Mlati II tidak mau kalah dengan puskesmas yang lebih moderen darinya, terus mengikuti media digital, dan terus berusaha melakukan inovasi agar tidak kalah dengan puskesmas lainnya. terbukti, salah satu hasilnya sekarang Puskesmas Mlati II ditetapkan sebagai salah satu cagar budaya yang ada di Yogyakarta.

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409