BLANTERVIO103

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bupati Dollah Mando Harap Seluruh Kantor Desa Terkoneksi Internet

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bupati Dollah Mando Harap Seluruh Kantor Desa Terkoneksi Internet
Kamis, 22 Juli 2021


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Bupati Sidrap, H. Dollah Mando berharap seluruh kantor desa di wilayah Kabupaten Sidrap bisa terkoneksi internet. Hal itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mendukung pelaksanaan e-goverment.


Demikian disampaikan Dollah Mando saat membuka pertemuan dengan sejumlah kepala desa membahas pengembangan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) desa, Kamis (22/7/2021). 


Pada pertemuan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Sidrap itu, Dollah didampingi Kadis Komunikasi dan Informatika Sidrap, H. Bachtiar dan Kabid Aplikasi, Informatika dan Statistik (Apinfos) Kominfo, Mashuri.


Lebih lanjut Dollah mengatakan, dengan adanya internet di kantor desa, proses kerja menjadi efektif, efisien, transparan dan akuntabel.


"Ini akan memudahkan pelayanan bagi masyarakat, dan menjadi ruang promosi potensi desa. Apalagi pengembangan aplikasi berbasis gespasial yang akan efektif tahun 2022 mendatang membutuhkan infrastruktur jaringan internet," kata Dollah.


Dollah selanjutnya meminta Dinas Kominfo Sidrap untuk memfasilitasi pengadaan internet di kantor desa yang belum memiliki akses tersebut. Ia juga mengatakan, ke depan, seluruh kantor kelurahan akan terakses internet.


Kadis Kominfo Sidrap, H. Bachtiar menyebut, berdasarkan data  terdapat 25 kantor desa dari total 68 desa yang belum tersambung internet. Sementara desa lainnya telah tersambung baik menggunakan internet Kominfo, maupun kerja sama dengan pihak ketiga.


"Kami siap fasilitasi koneksi internetnya, sehingga desa tidak perlu membayar iuran tiap bulan. Desa hanya menyiapkan perangkatnya saja di awal, dari anggaran yang ada di desa," ujar Bachtiar.


Sementara Kabid Apinfos Kominfo Mashuri, menerangkan, estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk perangkat internet setiap desa sebesar Rp17 juta. 


"Perlu kami sampaikan, alokasi banwidth untuk internet di desa tidak mengambil jatah kantor kecamatan. Setiap desa memiliki alokasi sendiri," terangnya.


Mashuri menambahkan, dengan menggunakan jaringan dari Dinas Kominfo akan memudahkan pengoperasian berbagai aplikasi terkait pemerintahan. "Misalnya aplikasi Siskeudes dan aplikasi lainnya akan lebih efektif karna menggunakan jaringan lokal," imbuhnya. 

 

"Bagi desa yang telah siap, bisa segera berkoordinasi dengan Dinas Kominfo Sidrap," tandasnya.

(wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409