BLANTERVIO103

KWT Citra ORW XI Tello Baru Kembangkan Budidaya Porang

KWT Citra ORW XI Tello Baru Kembangkan Budidaya Porang
Sabtu, 29 Januari 2022


MAKASSAR, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Kelompok Wanita Tani (KWT) CITRA ORW XI Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang Kota Makassar, kini tengah kembangkan budidaya Porang.

Ketua KWT Citra, Hj. Rosmi Idris, saat ditemui Sabtu 29/1-2022, di greandhouse Citra, katakan, empat ratusan bibit porang tersebut merupakan program walikota Makassar Dany Pomanto dan wakil walikota Makassar ibu Hj. Fatmawati Rusdi, yang disalurkan Dinas Pertanian tanaman pangan Kota Makassar. Porang tersebut selain di tanam di lokasi kebun KWT Citra tepian Sungai Tello, juga ada yang dibagi kewarga Komplek Citra Tello Permai, ORW XI Tello baru, ujar Hj. Rosmi.

Menurut Dra.Hj. Rosmi yang juga Ketua RT05/E,  sebagian warga sudah ada yang tahu tanaman porang yang merupakan tanaman semak yang tumbuh liar di hutan yang orang tua dulu dijadikan sebagai bahan pengganti nasi.

Kata Hj. Rosmi, seiring perkembangan waktu, ternyata porang memiliki nilai ekonomi tinggi banyak di gunakan sebagai bahan baku tepung, penjernih air, kosmetik, pembuatan lem, jelly dan lainnya, hingga tak heran jika porang yang memiliki kandungan glukomanan yang tinggi merupakan serat alami dan larut dalam air kini jadi salah satu komoditas ekspor.

Hal tersebut menjadi plecut semangat ibu-ibu KWT Citra antusias menanam porang tanpa meninggalkan budidaya tanaman lain sebelumnya seperti, lombok, jahe, tomat, terong yang telah sukses memenuhi kebutuhan dapur warga khususnya ibu-ibu anggota KWT Citra ujar Hj. Rosmi sembari memperlihatkan ratusan bibit porang dan bibit lombok yang berjejer tertatah rapih di masing-masing halaman Gazebo milik 7 RT, ORW XI Kelurahan Tello baru.  

"Patut di syukuri sejak empat tahun terakhir KWT Citra, mendapat perhatian dari BUMN yakni PLN UPT Tello, Bank Indonesia dan atensi dan pembinaan dari Pemerintah Kota Makassar, Camat dan Kelurahan," ujarnya.

(wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409