BLANTERVIO103

Ini Kata Ketua PP IKM Sidrap Terkait Tema Hari Jadi Sidrap

Ini Kata Ketua PP IKM Sidrap Terkait Tema Hari Jadi Sidrap
Minggu, 20 Februari 2022


SIDRAP, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Ekonomi bangkit Sidrap kuat, demikian tema Hari jadi ke 678 Sidenreng Rappang (Sidrap), 18 September 1344 - 18 Februari 2022. Tema tersebut sempat di bahas sejumlah pakar, akademisi, pengusaha, pemuda, Mahasiswa lewat Webinar yang di helat 17/2-2021, Organisasi paguyuban Sidrap yakni PP ISA Sidrap, PP IKM Sidrap, PP IPMI Sidrap dan PB Kebugis.

Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Kekerabatan Masyarakat Sidenreng Rappang (PP IKM Sidrap), Prof. Dr. H.A.Alimuddin  Unde, MSi salah satu pembicara katakan, untuk menggerakkan ekonomi Sidrap, dibutuhkan kreativitas inovatif yang berbasis riset bukan kebijakan berdasarkan pertimbangan semata.

Mantan Dekan Fisipol Unhas ini memberi contoh, produksi beras Sidrap yang melimpah sudah saatnya dikembangkan produk turunannya secara hilirisasi guna menambah nilai tambah atau nilai jual beras. 

Menurut Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Hasanuddin (LP2M UNHAS) ini,  Hilirisasi adalah pengembangan turunan suatu produk misalnya Beras, diolah jadi tepung kemasan, tepun di olah jadi kue atau produk lainnya yang diolah sesuai hasil riset hasil mamfaat dan potensi pasar.

Selama ini Sidrap masih terus fokus dan bangga dengan turunan pertama yakni Beras. Padahal, jika dikembankan produksi turunannya bisa mendorong tumbuhnya industri rumahan atau industri Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UMKM).

"Multieffecknya besar seperti pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja yang tentunya turut mendonkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD)," urai Andi Alimuddin.

Kebangkitan ekonomi suatu daerah tak boleh di lakukan secara parsial misalnya industri Pariwisata, perkebunan, makanan olahan perlu kalaborasi - sinergitas dengan Perguruan Tinggi, organisasi seperti ISA Sidrap, IKM Sidrap, Mahasiswa, Kebugis dan lainnya, agar tranformasi UKMK berbasis digital juga sudah dikembangkan. Hal ini kata putra kelahiran Kulo - Sidrap ini harus di dukung oleh birokrasi atau tata kelola pemerintahan yang good gavernance, pemerintahan yang akuntabel, transparan dan di dukung dengan Iptek.

Mengakhiri pemaparannya, Prof. Andi Alimuddin Unde, berpesan agar kemajuan pembangunan senantiasa mempertimbangkan Sosial budaya dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan atau aspek pembangunan berkelanjutan.

"Selamat Hari jadi ke 678 Wanua Sidenreng Rappang, Ekonomi bangkit Sidrap Kuat," tutupnya.

(ris/wis) 

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409