BLANTERVIO103

Terkait Rehabilitasi Lahan Pertanian, Bupati Sigi Temui Kementerian RI

Terkait Rehabilitasi Lahan Pertanian, Bupati Sigi Temui Kementerian RI
Kamis, 03 Februari 2022


Jakarta, LENTERAMERAHNEWS.CO.ID

Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapata kembali menemui pihak Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) di Jakarta, belum lama ini.


Tujuan kunjungan Bupati dua periode ini adalah untuk menindaklanjuti percepatan rehabilitasi lahan pertanian di daerahnya, sekaligus percepatan visi 'Mewujudkan Kabupaten Sigi Yang Berdaya Saing Berbasis Agribisnis'. 


Bupati Irwan didampingi Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sigi diterima oleh Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan RI, Andi Nur Alamsyah, STP., MT.


Dalam rapat yang langsung di lakukan Bupati Sigi bersama pihak Kementrian ini, beberapa program yang diusulkan akan segera dilalukan diantaranya mobilisasi alsintan (alat berat) Excavator 2 unit, Bulldoser 2 unit, dan TR4 15 unit.

Selanjutnya, Rehabilitasi lahan, Olah lahan, Jalan Usaha Tani, Pembangunan RMU dan pengering.


Sebagai langkah awal, pekan depan Tim dari Kementan RI akan diturunkan untuk melakukan rehabilitasi lahan seluas kurang lebih 160 hektar di Kecamatan Dolo. Fokus awal akan dilaksanakan di desa Karawana seluas kurang lebih 70 hektar.


Rangkaian dengan kunjungan tersebut, Bupati Sigi juga temui Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), drh. Syamsul Ma'arif, M.Si. 


Bupati meminta agar di Kabupaten Sigi dapat dibangun Rumah Pemotongan Hewan Modern dan Pasar Hewan. Pemda Sigi telah menyediakan lahan seluas 4 hektar di desa Beka Kecamatan Marawola untuk keperluan tersebut. 


"Kami dari Kementan sangat mengapresiasi keseriusan bapak Bupati dalam usahanya memajukan Kabupaten Sigi, pihak Kementan akan menindaklanjuti permintaan ini," ujar Direktur Kesmavet, merespon permintaan Bupati. 


Bupati mengatakan bahwa upaya yang dilaksanakan ini juga adalah langkah untuk mendukung Program Ketahanan Pangan Nasional Presiden RI yaitu mewujudkan food estate melalui modernisasi pertanian. (Ardi)


Sumber: Humas

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409