BLANTERVIO103

Babinsa Koramil 1427-02/BBMT Sosialisasi Penyakit Ternak ke Warga Binaan

Babinsa Koramil 1427-02/BBMT Sosialisasi Penyakit Ternak ke Warga Binaan
Selasa, 05 Juli 2022

  


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Babinsa Koramil 1427-02/Bambalamotu, Kopda TNI Risman, yang bertugas di Desa Tampaure, Kecamatan Bambaira, Pasangkayu melaksanakan pemantauan wilayah dan sosialisasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Dusun Bambarano, Desa Tampaure. Selasa, 05/07/22. 


"Hari ini saya mendampingi kepala dusun setempat mengecek ternak sapi milik warga untuk melihat langsung kondisinya," Kata Kopda Risman. 


Babinsa Kopda Risman menjelaskan kepada warga ciri-ciri ternak sapi yang  tertular penyakit mulut dan kuku (PMK), jika terjadi agar segera melaporkan kepada petugas hewan setempat. 


Adapun ciri-ciri nya  yaitu, Demam tinggi, 

Hypersalivasi atau keluar air liur banyak dari mulut, Terdapat lepuh pada gusi, lidah dan mulut sapi seperti sariawan, Teracak atau kuku kaki terlihat ada nodul dan akan mengalami kepincangan hingga kadang kuku terkelupas dan sapi ambruk. 


"Rawat hewan ternak dengan memberikan pakan yang teratur, menjaga kebersihan kandang dan melakukan pemeriksaan ternak secara rutin kepada mantri hewan  agar terhindar dari penyakit yang mematikan," Pesan Kopda Risman kepada warga. 


Dia tambahkan, Dengan memperhatikan kesehatan ternak secara rutin adalah  salah satu cara untuk mensukseskan ketahanan pangan sekaligus membantu peningkatan ekonomi masyarakat dibidang peternakan. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409