BLANTERVIO103

Didukung Sumber Daya Alam, Pasangkayu Memiliki Deretan Wisata Yang Menarik Dikunjungi

Didukung Sumber Daya Alam, Pasangkayu Memiliki Deretan Wisata Yang Menarik Dikunjungi
Minggu, 24 Juli 2022

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Setiap daerah memiliki keunikan yang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah tersebut. Daya tarik setiap daerah dapat terlihat secara langsung atau membutuhkan upaya untuk menggali kembali. 


Daya tarik wisata bisa berupa potensi alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau potensi budaya seperti adat-istiadat, museum, enteng, situs peninggalan sejarah, dan lain-lain, juga potensi buatan manusia. 


Suatu wilayah wisata pasti memiliki daya tarik yang berbeda satu sama lain. Setiap daerah bisa menjadi sebuah tempat wisata jika masyarakat, organisasi, dan pemerintah dapat mengolah potensi yang dimilikinya. 


Kabupaten Pasangkayu (Sebelumnya Mamuju Utara) salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Barat yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah. 


Tak salah jika orang menyebut sebagai Kota Mutiara sawit ujung utara Sulawesi Barat, Sebab Kabupaten Pasangkayu yang dikenal dengan penghasil kelapa sawit di huni puluhan perusahaan kepala sawit yang memiliki nama besar, Sebutlah Astra group. sehingga Kabupaten Pasangkayu memiliki daya tarik destinasi wisata indurstri. 


Kabupaten yang baru berusia 19 tahun ini terdiri dari 12 Kecamatan, 59 Desa serta 4 Kelurahan ini memiliki puluhan tempat Wisata alam baik yang sudah di kelola maupun yang masih bersifat alamiah. 


Selain itu, Dengan penduduk beragam  etnis dan Suku sehingga Kabupaten Pasangkayu dikenal dengan indonesia mini memiliki potensi wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi. 


Ini berbagai tempat wisata dan potensi wisata yang dirangkum wartawan media lenteramerahnews : 


- Wisata di wilayah Kecamatan Dapurang

1. Desa Bulu Bonggu. Desa yang dikenal dengan buah - buahan ini memiliki potensi wisata diantaranya, Wisata Danau yang terletak di Dusun Rontojali, Wisata Air terjun terletak di Dusunn Rontojali dan Wisata Religi Masjid du tengah hutan di Dusun Rontojali. 


2. Desa Dapurang: Desa pesisir ini memiliki Wisata Pantai yang cukup terkenal dengan keindahan pantainya yaitu Wisata Pantai Barat yang berada di Dusun Tagari. 


- Wisata di wilayah Kecamatan Sarudu

1. Desa Sarudu: Wisata Pantai Cinoki Desa Sarudu yang sudah sangat terkenal dengan keindahan dan pesona air laut nan bersih dan pasir pantainya yang putih dan Wisata anjungan Pantai Sarudu yang ramai dikunjungi warga pada siang dan malam hari. 


- Wisata di Wilayah Kecamatan Duripoku

1. Desa Sipakainga: Desa ini memiliki Wisata pemancingan "WANA ASRI" yang berada di Dusun Kuma indah, dengan jarak 2 KM dari ibu kota desa. 


- Wisata di Wilayah Kecamatan Baras

1. Desa Kasano: di wilayah ini terdapat wisata yang terbilang sudah cukup lama dikenal bahkan sebelum mekarnya Kabupaten Pasangkayu. Namanya adalah Wisata Bahari pantai Salu Kaili yang dikunjungi baik warga Pasangkayu maupun dari sulteng. 


2. Desa Motu: di Wilayah ini ada Wisata Danau Massapi yang terletak arah timur Desa motu, di Dusun maha makmur. yang bisa dijangkau kendaraan. 

wisata air terjun Desa Bukit Harapan, Kec.Bulutaba


- Wisata di wilayah Kecamatan Bulutaba

1. Desa Bukit Harapan: Desa paling ujung berbatasan dengan Sulteng ini memiliki Wisata Air Terjun yang sangat indah dan menjadi salah satu pilihan warga untuk bertamasya. Namanya adalah Wisata Air Terjun Barubu yang terletak di Dusun Barubu 2 KM dari ibu kota desa. wisata ini telah banyak dikunjungi baik warga lokal maupun pejabat yang ada di Pasangkayu. 

wisata permandian desa lelejae kec.Bulutaba


2. Desa Lelejae: Desa yang terletak sekitar 14 KM dari Ibu Kota Kecamatan ini memiliki Wisata Kolam Renang yang berada di Dusun Anggrek jaya, Desa Lelejae dengan jarak sekitar 500 meter dari Kantor desa. (Dikelola Mandiri). 


3. Desa Lilimori: Desa ini membuat Wisata pemancingan air tawar melalui Dana Desa Tahun anggaran 2022. 

Wisata pemancingan wana asri Desa Sipakainga


- Wisata di wilayah Kecamatan Tikke Raya 

1. Desa Tikke Raya : wisata yang sangat terkenal dan menjadi salah satu tempat berakhir pekan ialah Wisata Waterbom yang berada di Dusun Jono. di bangun secara mandiri pada tahun 2021. pembayaran karcis masuk di wisata ini 20 ribu per orang. di Wisata ini pengelola menyediakan beberapa fasilitas seperti Kamar ganti, tempat mandi - mandi, dan permainan ramah anak, serta sejumlah penjual kuliner tersedia. 

tempat wisata water boom desa Tikke raya


- Wisata di wilayah Kecamatan Pedongga

1. Desa Batuoge: di Desa ini memiliki Wisata yang sudah dikenal luas masyarakat yaitu Wisata pantai Batuoge. 


- Wisata di wilayah Kecamatan Pasangkayu:

1. Kelurahan Pasangkayu/Kota Pasangkayu: Wisata Religi Islamic centre Masjid Madaniah dan Masjid Nafsul Kifaah (Masjid terapung Anjungan Pantai Pasangkayu), Wisata Bundaran SMART Pasangkayu, Wisata Alun - Alun (Art Pasangkayu), Wisata pantai Tanjung Babia, dan Wisata Malam Anjungan Pantai Pasangkayu yang memiliki sejumlah sarana permainan ranah anak. 

Wisata Religi Masjid Islamic centre Madaniah Kota Pasangkayu


2. Wisata Desa Gunung Sari: Desa yang dihuni mayoritas etnis Bali ini memiliki Wisata Alam begitu menakjubkan bahkan sudah terdaftar di Dinas Budpar sebagai salah satu destinasi wisata yaitu Wisata Alam Gua Lawah. menuju wisata ini membutuhkan perjalanan kendaraan roda 2 dan selebihnya jalan kaki dengan jarak tempuh 4 KM dari ibu kota desa. Perjalanan akan terasa menyenangkan dengan suasana alam yang dingin dan sejuk karena melewati pepohonan sawit. Kemudian Wisata Sungai tangga yang berada di Dusun Perunggu yang berjarak 8 KM dari Kantor Desa. di Wisata ini pengunjung akan dimanjakan dengan dinginnya air sungai yang jernih. 

Wisata Religi Masjid terapung Anjungan Kota Pasangkayu


3. Wisara Desa Pakava. Desa yang dihuni 40 persen suku Da'a (Suku Bunggu) ini memiliki Potensi Wisata alam gua dan air terjun yang menakjubkan. 

Wisata Pantai Koa-koa Desa Polewali, Kec.Bambalamotu.


- Wisata di wilayah Kecamatan Bambalalamotu: 

1. Wisata Desa Polewali: Desa yang dihuni berbagai etnis ini (Jawa, Bali, Mandar, Bugis, Kaili, Makassar, dan Suku Da'a/Bunggu) ini Wisata Pantai Koa - koa yang terletak Dusun Kayumaloa, Desa Polewali ( Wisata komersil, pengembangannya melalui Dana Desa Tahun 2016 dan dana APBN Kementerian Pariwisata tahun 2018), Wisata pantai Koa-koa dilengkapi fasilitas gazebo sebanyak 10 unit, Aula umum untuk swaphoto, kamar ganti, Perahu Katinting, Pelampung ban dalam, Kuliner dan masakan tradisional, parkir kendaraan, dll. kemudian Wisata Budaya Suku Da'a (yang dikenal Suku terasing Bunggu) Dusun Kalibamba dan Poenje, disini pengunjung dapat melihat cara pembuatan baju dari kulit kayu, Suku ini memiliki bantaya (Aula pertemuan), Tari mutaro/Penjemputan pejabat, Tari dero, dan acara pesta panen yang dilaksanakan 2 kali setahun (Bulan juni dan desember). Kemudian yang tak kalah menariknya ialah wisata budaya Kuda lumping suku jawa  Dusun Mulyosari dan Sari Maju. 

Wisata Budaya Adat Suku Da'a Dusun Kalibamba, Desa Polewali, Kec.Bambalamotu


2. Kelurahan Bambalamotu: Wisata Pantai Sikente sepanjang 1 KM yang terletak 3 KM dari ibu kota kelurahan. pantai sikente menjadi pilihan masyarakat untuk rekreasi bersama keluarga sambil mandi - mandi laut dengan pantai yang bersih dan rindang. Wisata ini belum di dikomersialkan dan belum dikelola dengan baik. Kedua, Wisata Alam Gumbasalu. 


3. Desa Kalola: Wisata air terjun Bambao yang banyak dikunjungi masyarakat lokal dan dari luar Desa Kalola, letaknya kurang lebih 3 KM dari ibu kota Desa. 

Wisata Air Terjun Desa Tampaure, Kec.Bambaira


4. Desa Randomayang: Wisata Bahari Pantai Randomayang. disini pengunjung dapat menikmati indahnya matahari saat terbenam dan ramai dikunjungi saat hari libur dan akhir pekan untuk berlibur. 


- Wisata di wilayah Kecamatan Bambaira

1. Wisata Desa Kasoloang: Potensi wisata Desa Kasoloang ialah Wisata bahari penangkaran penyu sepanjang pantai 400 meter. di pantai ini pengunjung dapat menyaksikan puluhan penyu bertelur pada malam hari. Pemdes Kasoloang akan membangun sebagai tempat wisata untuk PADes. 


2. Wisata Desa Kalukunangka: Desa yang memiliki sumber air penyuplai air bersih ke Kota Pasangkayu ini memiliki Wisata air terjun dan permandian yang sudah dikenal puluhan tahun yang silam. jarak tempuh ke wisata ini tidak terlalu jauh dari ibu kota desa. 


3. Wisata Desa Bambaira: Yang terkenal wisata di Desa Bambaira adalah Wisata Alam Gua Ape. Wisata ini telah terdaftar di Dinas Budpar. 

Wisata Pantai Maponu, Dusun Baliri, Desa Maponu, Kec. Sarjo


- Wisata di wilayah Kecamatan Sarjo

1. Desa Maponu: Desa yang berada di pesisir pantai ini memiliki Wisata Pantai Maponu yang berada di Dusun Baliri. Wisata ini diresmikan oleh Bupati Pasangkayu pada tahun 2021. 


2. Desa Letawa : Desa ini memiliki Wisata Pantai Maleo yang letaknya 3 KM dari Kantor Desa Letawa. masih dikelola terbatas oleh masyarakat setempat. 


(Ags/LMnews)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409