BLANTERVIO103

Puluhan Enumerator Sosial Data Desa Presisi Desa Polewali Jalani Pelatihan

Puluhan Enumerator Sosial Data Desa Presisi Desa Polewali Jalani Pelatihan
Jumat, 02 September 2022

 


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Puluhan enumerator sosial data desa presisi Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu jalani pelatihan bimtek di Aula Desa Polewali. Jumat, 02/09/22. 


Data desa presisi merupakan program "Marasa" Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Sulawesi Barat tahun 2022. 


Kabupaten Pasangkayu ditunjuk sebagai pilot project untuk data desa presisi sebagaimana pernyataan Penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik waktu kunker di Pasangkayu awal dilantiknya. 


Yang terpilih data desa presisi di Kabupaten Pasangkayu yakni Kecamatan Bambalamotu yang terdiri dari 5 Desa dan 1 Kelurahan. 


Kegiatan ini dibuka oleh Camat Bambalamotu, Barhaeni, SE. di hadiri Tenaga ahli P3MD Kabupaten Pasangkayu, Hasmiati, SE, Pendamping Desa Kecamatan dan Desa, FT Kecamatan Bambalamotu, Muslimin, ST, Kepala Desa dan Ketua BPD Polewali. 


Menurut Hasmiati bahwa, Tujuan utama program merasa data desa presisi yaitu tersedianya data desa yang akurat  mulai dari penduduknya, wilayahnya, ekonominya, sosial dan budayanya. 


"Bulan september 2022 program ini selesai.  hanya ada 48 Desa se-Provinsi Sulawesi Barat yang di dasar program ini," Ungkap Hasmiati. 


Dia tambahkan, Keberhasilan data desa presisi ini tergantung kepada tim anumerator. untuk desa polewali ini ditarget 21 hari datanya harus selesai. 


"Kita berupaya bagaimana program masara ini dapat terlaksana dengan baik karena ini program pertama penjabat Gubernur Sulbar," Harapnya. 


Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan Enumerator oleh pembimbing dari IPB Malik Siregar dan Rijaluddin. 


Malik Siregar katakan, Dengan adanya data Desa presisi, maka desa akan memiliki data yang akurat. maka akan muncul peta desa, Data sosial. Mengenai ketepatan data ini bila anumator melakukan pendataan dengan baik. Komposisi pertanyaan terdiri dari 205 pertanyaan dan membutuhkan waktu minimal 45 menit bahkan 1 jam. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409