BLANTERVIO103

Cegah Ancaman Erosi, Pemkab Sigi Tanam Bambu di Kulawi Selatan

Cegah Ancaman Erosi, Pemkab Sigi Tanam Bambu di Kulawi Selatan
Rabu, 15 Februari 2023

 


SIGI, - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi melalui Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sigi bersama Dinas Lingkungan Hidup, menggalakkan penanaman bambu di daerah aliran sungai. 


Khususnya di sepanjang sungai yang berbatasan langsung dengan lahan pertanian warga yang ada di wilayah Kabupaten Sigi.


Wilayah Kulawi Selatan adalah salah satu daerah rawan banjir di daerah Sigi, sehingga perlu dilakukan penanaman pohon yang dapat mencegah terjadi erosi. Bambu adalah tanaman yang tetap untuk cegas erosi. 


Tepat Sabtu (11/2),  di Desa Lauwa, Kecamatan Kulawi Selatan dilakukan penanaman bambu, yang dihadiri langsung Wakil Bupati Sigi Dr Samuel Yansen Pongi, bersama Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Sigi Rahmad Ikbal serta Kadis Lingkungan Hidup Afit Lamakarate. 


Serta, Kepala Balai TNLL, Kadis Pariwisata Sigi, Kepala Bidang Teknis TNLL, Kepala Bidang Satu Saluki TNLL, Kepala Bidang Pariwisata, Camat Kulawi Selatan.


Kepala Dinas Rahmat Ikbal yang dihubungi media ini Selasa (14/2) mengatakan, penanaman bambu ini berjutuan sebagai penyangga atau pelindung lahan pertanian dari ancaman erosi maupun banjir. 


"Jadi penanaman bambu di prioritaskan pada lahan-lahan pertanian yang berbatasan langsung dengan daerah aliran sungai. Hal ini dimaksudkan sebagai penyangga atau pelindung lahan pertanian dari ancaman erosi maupun banjir," terang Kadis, Ikbal. 


Selain itu lanjut Kadis, bambu ini juga dapat menjadi sumber ekonomi masyarakat, karena kualitas bambu yang ditanam tersebut dapat digunakan sebagai bahan bangunan, menggantikan kayu. 


Kegiatan ini kata Kadis, tidak hanya dilakukan di wilayah Kecamatan Kulawi Selatan. Namun juga di wilayah yang rawan banjir seperti di Kecamatan Palolo, Nokilalaki, Dolo Selatan, dan Kecamatan Dolo Barat. 


"Semoga kerjasama dengan Dinas lingkungan hidup ini dapat lebih ditingkatkan dalam rangka menjaga usaha pertanian secara berkelanjutan dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani," harap Kadis Rahmad Ikbal. (Ardi)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409