BLANTERVIO103

Bupati Irwan Harap Dukungan Kementrian PUPR Terkait Pemanfaatan Lahan Liquefaksi di Sigi

Bupati Irwan Harap Dukungan Kementrian PUPR Terkait Pemanfaatan Lahan Liquefaksi di Sigi
Rabu, 22 Maret 2023

 


Bupati Mohamad Irwan Lapata berharap kepada Kementrian PUPR agar mendukung pemanfaatan lahan Liquefaksi yang berada di desa Jono Oge dan desa Sibalaya. 


Harapan ini disampaikan Bupati pada acara peringatan Hari Air Sedunia, melalui Balai Wilayah Sungai Sulawesi III (BWSS), yang berlangsung di Hotel Best Western Plus Coco Palu, Selasa, 21 Maret 2023. 


Bupati Irwan sampaikan, area lahan liquefaksi yang berada di Desa Jono Oge, direncanakan sebagai potensi kawasan pusat persemaian modern. Sehingga kata dia, bisa menghasilkan bibit yang akan ditanam di lahan kritis seperti daerah yang sering longsor terutama di bagian hulu sungai, 


"Oleh karenanya Pemda Sigi mengharapkan Kementerian PUPR berperan memberikan dukungan melalui penyediaan prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon dengan skala besar yang direncanakan untuk program rehabilitasi lahan kritis dan penghijauan daerah aliran sungai tersebut,"terang Bupati.


Selanjutnya, pemanfaatan area lahan liquefaksi di Desa Sibalaya difokuskan sebagai potensi kawasan wisata edukasi bencana yang merupakan objek rancang bangun mewadahi kegiatan wisata edukasi mengenai kesiapsiagaan simulasi bencana sebagai fasilitas utama dengan konsep yang ditawarkan bersifat ruang terbuka. 


"Oleh sebab itu Pemda Sigi juga mengharapkan Kementerian PUPR berperan memberikan dukungan melalui penyediaan sarana dan prasarana agar terwujud kawasan wisata edukasi bencana yang representatif," harapnya.


Peringatan hari air sedunia ini juga dihadiri Perwakilan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kota Palu serta unsur Akademisi Universitas Tadulako. (Mad/Ard) 


Sumber:Forkopim Kab Sigi

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409