BLANTERVIO103

Ketua TP PKK Hj Aulia Yaumil ADJ Dorong Dasa Wisma Aktif Mamfaatkan Lahan Pekarangan

Ketua TP PKK Hj Aulia Yaumil ADJ Dorong Dasa Wisma Aktif Mamfaatkan Lahan Pekarangan
Selasa, 11 Juli 2023


Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id. Dihari kedua, Ketua TP PKK Pasangkayu Hj Aulia Yaumil ADJ bersama rombongan lakukan penilaian perlombaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tahun tingkat Kabupaten Pasangkayu di Desa Pakava dan Desa Kalola. Selasa,11/07/23. 


Setelah di Desa Pakava Kecamatan Pasangkayu, Rombongan Ketua TP PKK Kabupaten Pasangkayu bertolak ke Desa Kalola, Kecamatan Bambalamotu. 


Kedatangan rombongan Ketua TP PKK Pasangkayu disambut tarian rebana adat mandar yang di hadiri Camat Bambalamotu, Danramil 02/BBMT, Para Kades dan Lurah dan TP PKK Bambalamotu dan warga setempat 


Dalam kegiatan ini, Camat Bambalamotu Ferdi, S.Sos, menyampaikan kondisi Kecamatan Bambalamotu terutama angka stunting di sejumlah Desa. Olehnya itu, Ferdi mengajak semua pihak untuk bekerja sama membangun Kecamatan Bambalamotu terutama penuntasan stunting di beberapa dusun yang khususnya dihuni Suku Da'a terutama di Desa Kalola 

Mengenai stunting, Ketua TP PKK Pasangkayu, Hj Aulia Yaumil ADJ,  meminta kepada kelompok dasa wisma untuk lebih pro aktif mendeteksi permasalahan stunting di dusun masing-masing. 


Untuk menekan angka stunting, Ia berharap kelompok dasa wisma aktif mendorong masyarakat memamfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami pangan, sayuran dan toga untuk menopang gizi keluarga dan anak. 


"Untuk permasalahan stunting dibutuhkan peran utama para ibu rumah tangga dalam mengurus anaknya termasuk pemberian gizi kepada anak sejak lahir," Ucapnya. 


Di tempat terpisah, Kades Kalola, Logawali akan mengintervensi dusun-dusunnya yang masuk zona stunting, termasuk pemenuhan air bersih dan pengadaan satu jambang satu keluarga. 


Kata Logawali, Untuk di Dusun Purnama baru yang nota bene dihuni mayoritas suku Da'a akan membangun pengadaan air bersih melalui dana desa tahun anggaran 2024. 


"Nanti kami jadikan skala prioritas tahun 2024. mudah-mudahan pengadaan jambangnya juga bisa kami danai," Kata Logawali. 


Penilaian lomba PKK meliputi kategori pelaksana terbaik tertib administrasi PKK, Pelaksana terbaik pemanfaatan lahan Pekarangan dan administrasi kelompok dasawisma, Pelaksana terbaik kelompok UP2K PKK, Pelaksana Terbaik Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Pelaksana terbaik Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat. 


Diketahui, Sebanyak 12 Desa se-Kabupaten Pasangkayu ikut dalam lomba BBGRM HKG TP PKK ke-51 tahun. Kegiatan lomba tersebut akan berlangsung dari tanggal 10 sampai 15 juli 2023. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409