BLANTERVIO103

Dinas Pariwisata Bersama Yayasan Putra-Putri Madina Gelar Fashion Show

Dinas Pariwisata Bersama Yayasan Putra-Putri Madina Gelar Fashion Show
Kamis, 17 Agustus 2023

 


Madina.Lenteramerahnews.co.id.

Dinas Pariwisata Kabupaten Mandailing Natal (Madina) kerja sama dengan Yayasan putra-putri Madina gelar fashion show dengan tema 'Sustainable fashion through Local Wisdom (mempertahankan fashion dalam kearifan lokal)' dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun. Senin, 14/08. 


kegiatan ini di adakan pada saat EXPO ekonomi kreatif, menampilkan putri pendidikan Mandailing Natal, Liana Hutagalung dan putri sporty Mandailing Natal, Nur Hakimah Lubis. 


Tema Fashion Show Kali ini ialah sustainable fashion through local wisdom ( Pakaian Ramah lingkungan) dimana Tema ini dipilih pembina Yayasan Putra – Putri Madina, Dina Syarifah Nasution. 


Dina Syarifah Nasution, pembina Yayasan Putra – Putri Madina percaya local wisdom akan menjadi satu masa depan industri mode di dunia. Itu menjadi salah satu alasan mengapa Yayasan Putra - Putri Mandailing Natal begitu tertarik untuk mengembangkan inovasi terhadap aneka kain tradisional yaitu ulos dan menjadikannya jembatan untuk berkreasi pada hijab. 


Menurutnya, Ulos telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda Indonesia, tanggal 17 Oktober ditetapkan menjadi Hari Ulos Nasional. Maka dari itu, sebagai Putri Mandailing Natal harus berperan serta melestarikan ulos dan mengenalkan ulos agar lebih mendunia. 


Dina Syarifah Nasution juga mengatakan bahwa Ulos dilestarikan lewat tradisi, dimanfaatkan dengan cara terbaik, Menempatkannya pada tempat teristimewa, terhormat yaitu Kepala. 


Yayasan Putra - Putri Mandailing Natal mendesain Ulos menjadi Hijab,  dan Ulos siap mendunia dengan UNESCO sebagai sebagai World Intangible Cultural Heritage. 


Pada fashion show tema Sustainable fashion through local wisdom ini juga, memukau penonton semakin menarik ketika Nurhakimah lubis dan Liana hutagalung membawakan sortali mandailing dan Bulang Manuk Mandailing merupakan pakaian semi formal yang digunakan perempuan  mandailing, dalam acara - acara dimandaling, acara pesta, pernikahan,  acara menari dan acara adat yang lain. 


Moment hari ini yang bertema local wisdom, sortali mandailing dan bulang manuk ini di sarankan menjadi headpiece bagi mempelai perempuan sebagai alternative untuk tidak memakai bulang tingkatan 9,7, atau 5. 


Sortali Mandailing ini di ikatkan dikepala bentuknya menguntai indah membentuk kelopak mata bermakna filosofi Putri Mandailing siap membuka indahnya kehidupan dan masa depan yang lebih baik. 


Sedangkan Bulang sendiri memiliki makna lambang kemuliaan dan merupakan simbol struktur kemasyarakatan. Bulang 3 tingkat /bulang manuk di pakai dalam acara – acara semi formal, untuk kegiatan – kegiatan seperti menari, festival, akad nikah, dan untuk momen berphoto Pra wedding bagi pengantin mandailing. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409