BLANTERVIO103

Abrasi Sungai Ancam Jalan Penghubung Desa Taranggi - Tamarunang

Abrasi Sungai Ancam Jalan Penghubung Desa Taranggi - Tamarunang
Kamis, 07 Desember 2023

Pasangkayu.Lenteramerahnews.co.id.

Terjadinya abrasi disisi sungai jembatan penghubung Desa Taranggi dan Desa Tamarunang, Kecamatan Duripoku, Kabupaten Pasangkayu sejak beberapa tahun lalu sudah mengancam jalan utama Kecamatan tersebut. 


Jika tidak ditangani segera oleh pemerintah, selain dapat memutus jalan juga akan mengancam rumah penduduk yang bermukim di Dusun Camba Desa Taranggi. 


Berdasarkan pantauan media ini, abrasi yang berkepanjangan mengakibatkan abutmen jembatan penghubung kecamatan tersebut akan tergerus. 


Ketua BPD Taranggi, Saharuddin menyayangkan sikap pemerintah yang dianggap tidak serius memberikan tindakan untuk menyelamatkan satu-satunya akses jembatan penghubung kecamatan itu. 


"Camat disini sampai pindah cuma janji saja untuk diperbaiki. padahal itu salah satu akses perekonomian warga. kalau sampai roboh itu jembatan. maka yang dirugikan warga disini," Tuturnya. Rabu, 06/12/23. 


Saharuddin mengungkapkan bila pekerjaan bronjong yang materialnya dari pasir dan karung disisi jembatan itu merupakan hasil swadaya masyatakat tahun lalu waktu banjir. 


"Kalau tidak di bronjong warga waktu itu kemungkinan jembatan itu sudah roboh, " Ujarnya. 


Ia pun berharap pemerintah daerah segera membangun bronjong besar atau memasang batu gajah sebelum memutus jalan dan merusak pemukiman warga. (LM)

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

3160458705819572409